Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 May 2023 Festival Jeron Beteng Tahun 2023, Perkenalkan Tradisi Tari Topeng Kepada Wisatawan
berita

Kegiatan pengelolaan destinasi pariwisata secara rutin dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melalui penyelenggaraan event-event. Salah satunya pada Minggu 30 April 2023 lalu, Festival Destinasi Jeron Beteng tahun 2023 telah diselenggarakan di Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Festival yang bertajuk “Festival Topeng” ini didukung oleh Keraton Yogyakarta dan dihadiri langsung oleh Gusti Kanjeng Ratu Bendara.

Topeng dipilih sebagai tema utama festival ini karena topeng dan tari topeng merupakan warisan budaya nusantara yang sudah ada sejak abad ke 9, tepatnya era Mataram Kuno. Konon katanya, Hayam Wuruk yang merupakan Raja Majapahit mahir memainkan tari topeng. Pada zaman dulu, tari topeng merupakan ritual sakral yang menjadi bagian dari pendidikan seorang raja. Lambat laun, topeng mulai dikenal luas dan dimainkan oleh masyarakat umum. Sampai saat ini hampir setiap daerah memiliki tradisi topeng sendiri-sendiri. Khusus untuk wilayah Yogyakarta sendiri, terdapat Tari Topeng Panji, sebuah lakon pewayangan yang merupakan penanda peralihan dari wayang purwa (Ramayana-Mahabharata) ke wayang madya.

Festival Jeron Beteng diisi dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari lomba kreasi topeng, pertunjukkan musik, mocopat, tari modern dan bazar dari 20 stand ekonomi kreatif dari wilayah Jeron Beteng mulai pukul 13.35 – 22.00 WIB. Puncak acara Festival Destinasi Jeron Beteng yakni tari topeng kolosal yang diikuti oleh 300 orang dari kelurahan Kadipaten, Patehan, dan Panembahan. Ketiga rombongan memulai pawai dari kelurahan masing-masing untuk menuju Alun-Alun Kidul Yogyakarta menggunakan kostum dan topeng yang khas dari wilayah masing-masing. Suara sirine gaok digaungkan sebagai penanda datangnya rombongan pawai tari topeng kolosal, yang menari dengan musik dan koreografi yang telah diciptakan khusus untuk event ini.

Festival Jeron Beteng juga dimeriahkan dengan pertunjukkan jathilan, penampilan tari Golek Surung Dayung, gedrug, serta tampilan musik spesial oleh Nadaskara dan Kamajaya hingga malam hari. Selain untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Wilayah Ngayogyakarto, festival ini juga ditujukan untuk mengangkat potensi di wilayah Jeron Beteng, baik potensi wisata maupun potensi ekonomi kreatifnya. Festival Jeron Beteng diharapkan dapat menjadi event tahunan yang bisa menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan di musim libur lebaran, sehingga lama tinggal wisatawan dan belanja wisatawan akan turut meningkat.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat64.8%
Cukup Bermanfaat10.52%
Kurang Bermanfaat3.08%
Tidak Bermanfaat21.6%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1336 Kemarin 3636 Bulan Ini 90840 Tahun Ini 697847 Total Pengunjung 3144358