Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 19 February 2019 Wisata Museum di Yogyakarta
berita

Silahkan "click" tautan dibawah ini :

1.  Museum Memorial Jenderal Besar Soeharto

Museum memorial Jenderal Besar Soeharto diresmikan bertepatan dengan hari lahir beliau 08 Juni di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, DIY. Di atas lahan seluas 3.620 meter persegi, museum ini didirikan untuk mengenang jasa dan pengabdian beliau semasa hidupnya untuk bangsa Indonesia. Di museum ini juga memajang berbagai prestasi yang diraih beliau semasa menjabat Presiden RI ke-2. Lebih lanjut.

Alamat : Dusun, Jl. Kemusuk Lor Jl. Nulis-Puluhan, Srontakan, Argomulyo, Kec. Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

No Telp : +6287738980703 

 

2. Museum Biologi UGM

Kegigihan dan semangat pantang menyerah dari Prof. Drg. RG. Indroyono dan Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto merupakan tonggak awal keberlangsungan Museum Biologi UGM hingga sekarang ini. Perjuangan menyatukan kedua museum yang mereka miliki adalah bukti otentik kedua guru besar UGM ini mendharma bhaktikan ilmunya bagi masyarakat luas. Saat awal perintisan museum ini, beliau berdua mengelola secara terpisah, Prof. Drg. R.G. Indroyono dengan museum zoologicumnya, Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto menggawangi museum herbarium. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

No Telp : +62274376740

 

3. Museum Benteng Vredeburg

Bangunan megah yang berdiri di sisi utara Kraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1765 oleh Pemerintah Belanda. Fungsi awal bangunan ini sebagai benteng pertahanan hal ini bisa dilihat dari bentuk bangunannya yang memiliki menara pengawas di keempat sudutnya dan dikelilingin parti memutar. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

No Telp : +62274586934

 

4. Museum Bahari Yogyakarta

Sepenggal lirik lagu anak-anak menceritakan kegagahan dan keberanian nenek moyang bangsa Indonesia mengarungi samudra. Lirik diatas adalah bentuk dari kearifan lokal bangsa Indonesia adalah negeri bahari atau maritim yang harus dilestarikan untuk generasi masa depan bangsa Indonesia. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. R. E. Martadinata No.69, Wirobrajan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182

No Telp : +6262274376691

 

5. Museum Dr. Mata YAP

Museum Rumah Sakit Mata Dr. Yap merupakan museum yang terlatak di dalam komplek Rumah sakit Mata Dr. Yap di Jalan Cik Ditiro 5 Yogyakarta, dan bernaung dibawah Yayasan Dr. Yap. Berdirinya Museum tersebut atas prakarsa direktur RS. Mata Dr. Yap , dr. Tri Sutartin Radjiman, didukung oleh Magdalena Indrawati, Ki Nayono, Ir. Anna Ismudianto, dan Ira Masri Singarimbun. Mereka adalah cikal bakal ide pendirian museum Rumah Sakit Mata Dr Yap. Awalnya, museum ini didirikan karena banyaknya alat-alat kesehatan yang dulu dipakai oleh Dr. Yap Hong Tjoen, terbengkalai dan hanya tersimpan di gudang. Karena hal tersebut maka direktur RS. Mata pada waktu itu mempunyai inisiatif untuk didirikan museum untuk mengenak jejak perjalanan Dr Yap Hong Tjoen dan memberikan wawasan pengetahuan terhadap masyarakat secara umum dan dunia kedokteran mata pada khususnya. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Cik Di Tiro No.5, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

No Telp : +62274562054

 

6. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo I menjadi salah satu tempat kunjungan wisata yang diminati wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tingkat kunjungan yang tinggi ini tidak terlepas dari lokasi museum ini yang tidak jauh dari Kraton Yogyakarta serta Benteng Vredeburg. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

No Telp : +62274385664

 

7. Museum Sasana Wiratama

Sebagai salah satu pangeran di Kraton Kasultanan Yogyakarta, Pangeran Diponegoro lebih memilih hidup di luar tembok istana dan menyatu dengan masyarakat biasa. Hidup di luar tembok istana adalah bentuk dari perjuangan beliau terhadap campur tangan Belanda di dalam kehidupan politik Kraton Kasultanan Yogyakarta pada waktu itu. Lebih lanjut.

Alamat : 6972+5H2, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244

No Telp : +62274622668

 

8. Museum Gembira Loka

Selain sebagai KRKB Gembira Loka, objek wisata ini memiliki sebuah museum yang dikenal dengan nama Diorama Flora dan Fauna KRKB Gembira Loka. Ditempat ini wisatawan bisa melihat dan mendapatkan informasi mengenai flora dan fauna dari berbagai tempat laut, udara dan darat. Selain itu pengunjung juga bisa melihat diorama pengolahan jamu tradisional yang berbagis pada tumbuhan yang diolah secara manual. Lebih lanjut.

Alamat : Gembira Loka Zoo, Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

No Telp : +62274373861

 

9. Museum Sandi Negara

Sejarah perkembangan ilmu intelejen atau persandian di Indonesia khususnya Yogyakarta dimulai dari sebuah rumah kecil yang berada di tepian barat Sungai Progo. Para pejuang Indonesia melakukan kegiatan persandian di rumah Bapak Ponijan di Dusuh Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo DIY. Kegiatan ini ketika akan melakukan SO 1 Maret 1949, setelah peristiwa ini rumah Bapak Ponijan dikenal dengan Rumah Sandi. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

No Telp : +62274556921

 

10. Museum Kirti Griya Dewantara

Keresahan seorang RM. Soewardi Soerjaningrat melihat masyarakat kecil tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi seperti yang dia capai, membuat dia melepaskan gelar ningrat dan menamai dirinya Ki Hadjar Dewantara. Memilih hidup di luar tembok istana, beliau bersama Dr. Douwes Dekker dan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo mengambil langkah strategis dengan mendirikan organisai Tiga Serangkai sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda melalui bidang pendidikan dan politik. Lebih lanjut.

Alamat : was in the past, Jl. Taman Siswa No. 31, No No.25, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55151

No Telp : +62274377120

 

11. Museum Puro Pakualaman

Citra sebagai kota budaya sudah begitu lekat dengan Yogyakarta. Aura ini juga didukung oleh berbagai museum dan peninggalan budaya yang pernak pernik di setiap sudut kota Yogyakarta, dan salah satunya adalah Museum Puro Pakualaman. Museum ini berada di bawah naungan Bebadan Museum Puro Pakualaman, diresmikan pada tanggal 29 januari 1981, bertempat di kompleks Puro Pakualaman, berjarak 2 km dari Malioboro ke arah timur. Lebih lanjut.

Alamat : JL. Sultan Agung, Puro Pakualaman, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

No Telp : +62274562161

 

12. Museum De Mata Trick Eye

Ingin merasakan menyeberang di jembatan kayu yang tua dan dibawahnya ada aliran sungai lahar panas merah membara, trus ingin merasakan menerima bunga tanda kasih dari Sri Sultan HB X, semuanya bisa anda temukan di De Mata Trick Eye Museum. Lebih lanjut.

Alamat : XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161

No Telp : +62274380809

 

13. Museum Dharma Wiratama

Bangunan yang berdiri menghadap selatan ini adalah warisan Belanda yang banyak menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya TNI AD dalam berjuang merebut kemerdekaan hingga mempertahankannya. Bangunan museum ini sangat menarik perhatian karena bentuknya sangat berbeda dengan gedung-gedung lainnya sehingga mudah untuk dikenali. Lebih lanjut.

Alamat :  Jl. Jend. Sudirman No.75, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

No Telp : +62274561417

 

14. Museum Sasmita Loka

Rumah besar menghadap ke barat dengan pilar-pilar gagah dengan pintu-pintu tinggi dan besar, itulah sekelumit gambaran kediaman rumah Pangsar Jendral Sudirman yang sekarang ini dijadikan Museum Sasmita Loka. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

No Telp : +62274376663

 

15. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta adalah salah satu penanda sejarah pentingnya Hari Kebangkitan Nasional yang diprakarsai oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Pada tanggal tersebut lahir sebuah pergerakan Budi Utomo yang didirikan beliau bersama dengan para mahasiswa STOVIA Jakarta yang dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

No Telp : +62274387576

 

16. Museum Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta sebagai salah satu pilar utama berdirinya Republik Indonesia tentunya memiliki sejarah panjang perjuangannya dari era Kolonial hingga sekarang ini. Sejarah panjang tersebut tentunya berguna bagi masa depan generasi muda untuk bisa mengetahui serta memahani perjuangan yang telah dilakukan. Oleh karena itu Keraton Yogyakarta sebagai institusi budaya dan perjuangan bangsa berkewajiban mendokumentasikan perjuangannya kepada masyarakat dengan membangun wisata museum sebagai pusat dokumentasi sejarah perjuangan Keraton Yogyakarta. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

No Telp : -

 

17. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik dan Sulaman terletak di Jl. Dr. sutomo no. 13 Yogyakarta. Berdiri pada Tanggal 25 Mei 1977 menempati areal seluas 400m2. Koleksi yang dimiliki berupa beranekaragam kain batik berupa kain panjang, sarung, selendang, tokwi/taplak dan sebagainya dengan motif gaya Yogyakarta, Surakarta, Madura dan tempat-tempat lain di Indonesia. Koleksi lainnya berupa peralatan membatik mulai dari canthing, cap beraneka motif, bahan pewarna dan parafin (malam). Koleksi Batik tertua dibuat pada tahun 1780. Dalam perkembangannya Museum ini juga mengoleksi karya sulam acak buah karya Ibu Dewi Nugroho yang berjumlah sekitar 1236 buah. Pengelola Museum juga dapat memberikan fasilitas pelatihan (workshop) membatik bagi pengunjung yang menginginkan. Lebih lanjut.

Alamat : Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211

No Telp : +62274541766

 



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75.84%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.23%
Tidak Bermanfaat9.03%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 693 Kemarin 2280 Bulan Ini 18918 Tahun Ini 614193 Total Pengunjung 1370274