Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 19 August 2022 Kangen Jogja 2022 Angkat Potensi Wisata Kemantren Mantrijeron
berita

Kangen Jogja 2022 telah dilaksanakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret sebagai rangkaian peringatan HUT RI Ke-77 pada hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022 pukul 19.00-22.00 WIB. Kangen Jogja kali ini mempersembahkan penampilan seni dan budaya lokal Jogja yang berisi beragam potensi yang unik, indah dan menarik baik dari sisi budaya, sejarah, dan destinasi.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Forum Komunikasi Pimpinan Kemantren Mantrijeron dan Forum Komunikasi Pimpinan Kemantren Gondomanan. Selain itu pengunjung Malioboro pun berhenti untuk menyaksikan persembahan fragmen dan live music dalam acara tersebut.

Kangen Jogja tahun ini diisi oleh potensi dari Kemantren Mantrijeron. Acara yang ditampilkan antara lain: Tarian oleh Sanggar Sekar Kinasih; Dolanan anak dan Fragmen Perjuangan Masyarakat Mantrijeron dalam perjuangan Kemerdekaan; Seni Tradisi Jathilan; Bregodo Niti Manggala; dan Grub Band Etnik “GANK X”.

Salah satu potensi wisata di Kemantren Mantrijeron yang ditampilkan yakni berasal dari Kampung Wisata Sekar Niti Gedongkiwo. Nama Kampung Gedongkiwo yang konon berasal dari nama abdi dalem Gedhong atau abdi dalem Nayaka Gedhong menjadi cerita utama yang ditampilkan dalam acara tersebut.

Diceritakan dalam sebuah fragmen bahwa Abdi dalem Nayaka Gedhong Kiwa bertugas mengkoordinasikan beberapa kelompok abdi dalem Kraton antara lain abdi dalem urusan srati (pawang gajah), pelatih kuda tunggangan, penatah, juru sungging, penata gendhing, niyaga, dalang, pesinden, penjaga pesanggrahan, kenek dan kusir kereta. Kanayakan tersebut dulu dipimpin oleh seorang Bupati Nayaka Tumenggung Puspanegara dan Tumenggung Mangunegaro. Karena keberadaan Nayaka Gedhong Kiwo maka akhirnya daerah tersebut kemudian dikenal dan dinamakan sebagai Gedongkiwo.

Melalui acara Kangen Jogja ini diharapkan dapat membantu wisatawan agar mengenal lebih dekat kota Yogyakarta pada umumnya dan kemantren Mantrijeron pada khususnya. Keindahan yang berpadu dengan kelestarian budaya membawa daya tarik tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi adalah pesan utama yang disampaikan pada pertunjukkan tersebut kepada wisatawan dan pengunjung yang menyaksikan pada malam itu.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75.84%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.23%
Tidak Bermanfaat9.03%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 701 Kemarin 2280 Bulan Ini 18926 Tahun Ini 614201 Total Pengunjung 1370282