Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 19 August 2022 Pasar Kangen Jogja Kembali Digelar Di Taman Budaya Yogyakarta
berita

Pasar Kangen Jogja akhirnya kembali lagi untuk mengobati rasa kangen masyarakat Kota Jogja. Berlokasi di Taman Budaya Yogyakarta, Pasar Kangen Jogja 2022 akan berlangsung selama 10 hari mulai dari tanggal 18 hingga 27 Agustus 2022. Pengunjung dapat menikmati rangkaian acara setiap harinya mulai pukul 13.00 sampai 21.00 WIB.

Pasar Kangen Jogja 2022 kali ini merupakan yang ke-14 kalinya diadakan sejak pertama kali tahun 2007 silam, dan mengangkat sebuah tema besar “Kumandhange Pasar – Ora Cucul Ora Ngebul”.

“’Kumandhange Pasar’ berarti kedaulatan pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan melalui revitalisasi-reaktualisasi pangan, mengenalkan, memproduksi, mengkonsumsi berbagai jenis pangan yang pernah ada dan dimiliki bangsa ini. ‘Ora Cucul Ora Ngebul’ merupakan semangat baru pasca pandemi dalam kehidupan, siapa yang tidak bekerja maka tidak akan mendapatkan apa-apa.” jelas Evang, panitia acara Pasar Kangen Jogja.

Event Pasar Kangen Jogja 2022 ini menampilkan berbagai jajanan khas yang unik dan langka yang pernah ada di Yogyakarta dan daerah lain, serta menampilkan dan menjajakan barang-barang lawasan serta mainan ‘tempo doeloe’. Beberapa tenant yang berpatisipasi diantaranya menjajakan es goyang, tempe gedhe, rujak cingur, bir plethok, es limon, jadah tempe, kerupuk mie, pesek, koleksi buku langka, barang-barang seni lawas, dan lain sebagainya.

“Kuliner merupakan yang utama ditampilkan, sehingga higienitas makanan harus dijaga. Ada ketetapan dalam Pasar Kangen Jogja, yakni tidak memperbolehkan kemasan-kemasan makanan yang membahayakan kesehatan, misalnya tidak diperkenankan menggunakan bahan styrofoam.” tutur Evang.

Pasar Kangen Jogja 2022 terutama merupakan aksi yang lahir dari keresahan dan keprihatinan atas budaya-budaya dari luar yang masuk dan mulai menggeser kebudayaan sampai pada ruas-ruas dan cita rasa lidah masyarakat Indonesia dalam hal kuliner sehingga mempengaruhi selera cita rasa generasi muda. Tujuan utamanya adalah kuliner yang merupakan salah satu kebudayaan dalam kehidupan berbangsa tetap harus dijaga ciri khasnya.

Pasar Kangen Jogja 2022 juga merupakan ajang kreativitas dan produktivitas dalam pengolahan pangan berbasis nilai-nilai lokal dan bahan-bahan pangan lokal. Pasar Kangen bukan hanya berarti hal kelawasannya saja namun juga mempunyai niatan untuk bisa bersanding dan menghadapi perkembangan jaman ke depan tanpa menghilangkan jati diri budaya bangsa.

Selama sepuluh hari ke depan Pasar Kangen Jogja 2022 akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dari berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta serta performance art dari seniman-seniman Yogyakarta. Setiap hari akan ada pentas seni dan budaya yang berbeda disuguhkan kepada pengunjung. Pertunjukka seni yang dapat dinikmati pengunjung antara lain jathilan, ketoprak, wayang kulit, dan live music. Tidak hanya sekedar tampil, pentas seni tersebut juga berupaya mengajak pengunjung berinteraksi dengan menari bersama.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75.84%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.23%
Tidak Bermanfaat9.03%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 591 Kemarin 2280 Bulan Ini 18816 Tahun Ini 614091 Total Pengunjung 1370172