Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 02 August 2022 Kaos Lukis, Karya Seni Unik Tersembunyi di Balik Kemegahan Istana Air Taman Sari
berita

Tidak hanya menawarkan atraksi wisata bangunan bersejarah, di Kampung Wisata Taman Sari  wisatawan juga dapat melihat kreativitas seniman Jogja secara langsung melalui atraksi melukis kaos di  Griyo Batik Ayuni. Toko ini buka setiap hari dari dari jam 09.00 sampai dengan 16.55 WIB, dan pengunjung dapat melihat langsung proses melukis kaos oleh seniman bernama Ardha.

Berada di dalam Kampung Wisata Taman Sari, Griyo Batik Ayuni memproduksi kaos lukis karya seni dan kreativitas Ardha, seorang seniman lukis Jogja yang telah menghasilkan ratusan gambar pada kaos-kaos yang dapat menjadi salah satu pilihan souvenir khas Kota Jogja.  Griyo Batik Ayuni beralamat di Kp.Taman KT 1/422 Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di belakang bangunan bersejarah Istana Air Taman Sari.

Kaos Lukis dari Griyo Batik Ayuni bisa dibilang satu-satunya di Indonesia, dengan desain yang unik serta dibuat secara manual dengan tangan pemiliknya sendiri yang sudah menekuni seni lukis selama 14 tahun. Kaos Batik Lukis dibuat di atas kaos berwarna putih polos, menggunakan pewarna batik dalam pembuatan batik pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah tidak menggunakan malam melainkan menggunakan kuas selayaknya melukis.

“Keunggulan lain dari kaos lukis dengan pewarna batik ini terletak pada bahan kaosnya yang terbuat dari katun bambu. Bahannya itu anti bakteri, nyaman dipakai dan lebih adem juga. Desainnya juga tidak bisa di desain ulang karena hanya dibuat sekali (limited edition).”

Proses pembuatan kaos lukis dimulai dari membuat pola gambar, dilukis dengan urutan untuk setiap warna dikeringkan terlebih dahulu lalu ditambah warna yang  lain, dan dikeringkan. Penggunaan cat pewarna batik juga ditambahkan dengan cairan khusus untuk mengunci warna supaya tidak luntur. Setelah tahap penguncian warna, tahap terakhir yakni pengeringan kembali.

Lamanya produksi kaos ini antara 5 sampai 7 hari karena  proses pembuatannya masih dilakukan secara manual, pengeringannya pun juga bergantung pada sinar matahari. Sebuah kaos lukis dihargai mulai dari Rp 100.000 yang dapat dilihat koleksi terbarunya melalui instagram @griyobatikayuni . Melalui akun tersebut Griyo Batik Ayuni juga mengunggah karya selain kaos lukis, yakni batik tulis kontemporer yang semuanya juga dapat dipesan melalui nomor whatsapp: 085729739947.

Berkat keunikannya, kaos lukis yang diberi brand  “Castle Kaos Lukis” ini telah berhasil dipasarkan ke beberapa daerah di Indonesia seperti Samarinda, Balikpapan, Jakarta, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar. Tidak hanya di Indonesia saja, beberapa pelanggan “Castle Kaos Lukis” juga telah mencapai Timor Leste, Singapura dan Australia.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.21%
Cukup Bermanfaat12.09%
Kurang Bermanfaat3.2%
Tidak Bermanfaat6.5%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 119 Kemarin 2172 Bulan Ini 32733 Tahun Ini 338970 Total Pengunjung 1095051