Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 08 July 2022 Pesanggrahan Warungboto, Kemegahan Istana Air di Tepi Sungai
berita

Situs Warungboto merupakan situs cagar budaya yang dibuka menjadi salah satu destinasi wisata sejarah beralamat di Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Situs Warungboto atau Pesanggrahan Warungboto memiliki arsitektur bangunan mirip dengan Istana Air Tamansari. Ditemukannya sebuah mata air yang disebut "tuk umbul" memberi petunjuk bahwa fungsi Pesanggrahan Warungboto juga merupakan tempat mandi keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pesanggrahan Warungboto yang saat ini telah menjadi situs cagar budaya, dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II ketika menjadi putra mahkota pada periode tahun 1765-1792. Pesanggrahan ini dibangun pada dua sisi yaitu barat dan timur, menghadap Sungai Gajah Wong. Layaknya tempat beristirahat bagi keluarga, Pesanggrahan Warungboto dilengkapi dengan taman, segaran, kolam, dan kebun di sisi timur. Sementara di sisi barat merupakan kompleks bangunan berkamar dan dua kolam pemandian.

Kolam pertama berbentuk lingkaran dan di bagian tengahnya memiliki pancuran air atau umbul dari mata air yang sangat jernih, sedangkan kolam kedua berbentuk persegi panjang. Pesanggrahan Warungboto terlihat megah karena kekokohan dindingnya, juga struktur bangunan dengan lorong, pintu, dan jendela beraksen lengkung pada bagian atas sehingga menambah kesan eksotis.

Situs Warungboto biasa digunakan oleh masyarakat sekitar ataupun wisatawan untuk sekedar bersantai bersama teman keluarga, bahkan terkadang digunakan sebagai tempat pre-wedding. Pengunjung dapat masuk pada jam buka pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Baik masuk untuk berkunjung maupun acara pre-wedding tidak dipungut biaya dari pihak pengelola Situs Warungboto. Hal yang tidak boleh dilakukan di Situs Warungboto adalah memakai sepatu dengan heels dan vandalisme. Pengunjung yang datang ke Situs Warungboto juga harus ikut serta menjaga bangunan cagar budaya dan tidak boleh merusaknya.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.21%
Cukup Bermanfaat12.09%
Kurang Bermanfaat3.2%
Tidak Bermanfaat6.5%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 209 Kemarin 2172 Bulan Ini 32823 Tahun Ini 339060 Total Pengunjung 1095141