Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 04 July 2022 Kopi Butter Unik Racikan Kedai Bintang Pasar Kranggan
berita

Kini di Pasar Kranggan dapat ditemukan spot kuliner dengan beragam jenisnya seperti kedai, warung dan kafe. Kuliner yang dijual pun beragam dan memiliki keunikan tersendiri hasil kreativitas pemiliknya yang terampil hingga kini viral di media sosial lalu menjadi favorit masyarakat Jogja. Salah satunya adalah Kedai Terang Bintang di Jalan Pangeran Diponegoro No.22, Kota Yogyakarta, tepatnya berada di Pasar Kranggan Lantai 2.

Meskipun Pasar Kranggan terkenal dengan makanan tradisionalnya, tetapi menikmati kuliner modern dengan suasana nyaman dan pemandangan Kota Jogja tidak kalah menarik. Menu kuliner Kedai Bintang yakni kopi butter dan cokelat butter yang jadi jawaranya. Wisnu Nugroho, pemilik Kedai Bintang membuat kopi butter karena ingin membuat kopi di kedainya berbeda dari tempat lain.

Butter memberi aroma yang harum di dalam kopi tersebut. Yang biasanya hanya wangi aroma kopi saja tetapi di Kedai Terang Bintang wangi aroma kopi bercampur dengan wangi aroma butter. Kopi butter dan cokelat butter menjadi menu unggulan yang diminati oleh pengunjung. Kopi butter dan cokelat butter sangat viral di media sosial tik tok dan instagram, hal itulah yang membuat orang-orang penasaran gimana sih rasanya kopi dan cokelat yang dipadukan dengan butter” tutur Wisnu.

Melihat terdapat adanya potensi yang besar di bidang kuliner di Pasar Kranggan, Kedai Terang Bintang akhirnya dibangun dengan suasana dan tema kedai klasik agar berbeda dengan kedai-kedai lainnya. Wisnu yang memiliki keterampilan memasak akhirnya memutuskan membuka kedai dengan menu yang lebih beragam tidak hanya sekedar kopi. Menu favorit lainnya antara lain roti Sri Rich, udon xilau dan rice bowl ayam.

Roti Sri Rich yang dibandrol seharga Rp 13.000 per porsi menjadi favorit karena selai srikaya yang segar, nama sri rich sendiri berasa dari srikaya yang dibahasa-inggriskan. Selain itu menu favorit lainnya adalah Udon xilau. Meskipun merupakan makanan khas Jepang, namun Wisnu mencampur unsur lokal ke dalamnya, yaitu daging ayam sebagai pugas yang dimasak dengan bumbu ala mie ayam dan sambal matah. Udon xilau dijual seharga Rp 25.000 per mangkok. Sementara kopi dan coklat yang diberi butter dihargai Rp 12.000 saja. Rasa yang unik serta harga terjangkau juga menjadi nilai tambah Kedai Bintang.

Kedai Kopi Bintang setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Wisnu memilih Pasar Kranggan sebagai tempat usahanya karena ada tujuan tertentu. Salah satunya yaitu ingin mengubah stigma pasar yang kumuh, dan pada dasarnya pasar tradisional ini pada malam hari sudah tidak ada kegiatan jual beli. Oleh karena itu Wisnu membuka kedainya dari jam 10.00 pagi sampai dengan jam 22.00 malam hari.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75.84%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.23%
Tidak Bermanfaat9.03%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 595 Kemarin 2280 Bulan Ini 18820 Tahun Ini 614095 Total Pengunjung 1370176