Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 21 June 2022 Bermain Bersama Ikan di Bendhung Lepen
berita

Tempat wisata keluarga di Kota Yogyakarta yang bernuansa alam dengan pemandangan asri nan sejuk salah satunya adalah Bendhung Lepen. Bendhung Lepen beralamat di Kampung Mrican, Rukun Kampung Ponggakan, Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Bendhung Lepen ini merupakan saluran primer dari Kali Gajah Wong dengan memanfaatkan Dam Mrican. Dulunya merupakan saluran irigasi yang kumuh dan kotor serta taman desa yang tidak terurus. Setelah dipercantik oleh para pemuda sekitar yang peduli akan lingkungan maka saat ini menjadi kali (lepen) yang begitu bersih dan menjadi daya tarik masyarakat.

Bendhung Lepen dibangun pada tahun 2019 berupa lingkungan taman bermain, ruang UMKM yang dibuat menjadi foodcourt lengkap dengan pondok-pondok untuk menikmatin jajanan dan beristirahat. Selokan sepanjang 50 meter diisi dengan ribuan ikan nila dan ikan gurame yang di rawat dengan baik oleh warga sekitar dan benih ikan akhirnya bisa dijadikan tempat wisata keluarga dan berbagai usia yang menarik.

Pengunjung yang mengunjungi Bendhung Lepen tidak di pungut biaya apapun dan cukup membayar parkir dengan seikhlasnya. Bendhung Lepen dapat menjadi tempat untuk sekedar melepas penat maupun menikmati suasana pagi hari yang sejuk ataupun menikmati senja kala sore hari karena dibuka dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Saat pengunjung memasuki wilayah Bendhung Lepen akan disuguhkan dengan gapura kecil bertuliskan "Bendhung Lepen" dan spot-spot dengan goresan cat warna-warni yang menghiasi taman dan jalan setapak sepanjang tempat wisata Bendhung Lepen. Tebing dan dinding yang berada di samping barat juga di hiasi mural yang kekinian. Setiap sudut di Bendhung Lepen sangat cocok untuk pengunjung yang gemar berfoto, pengunjung juga bisa mengajak siapa saja karena wisata yang disuguhkan sangat cocok untuk semua kalangan.

Aktivitas wisata lain yang menarik dilakukan di Bendhung Lepen salah satunya adalah memberi makan ikan saat pagi hari. Pengunjung bisa membeli pakan ikan di sekitar kali dengan membayar Rp 2.000 untuk satu gelas makanan ikan. Bersantai memberi makan ikan dengan duduk di tepi selokan dan bisa juga mencelupkan kaki ke air serta merasakan sensasi di kerumuni ikan atau tangan yang bermain dengan ikan merupakan kegiatan menyenangkan untuk dilakukan di Bendhung Lepen.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75.84%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.23%
Tidak Bermanfaat9.03%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 723 Kemarin 2280 Bulan Ini 18948 Tahun Ini 614223 Total Pengunjung 1370304