Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 16 May 2022 Tandang Jogja Kreatif Gelar 'Takiran Sego Gurih' Bersama Masyarakat
berita

Tandang Jogja Kreatif kembali digelar dalam bentuk kegiatan car free day pada Minggu 15 Mei 2022 di Jalan Ipda Tut Harsono, tepatnya sisi timur komplek Balaikota Yogyakarta. Mengusung tema berbeda dari bulan Maret 2022 lalu, kali ini “Temu Kanca Tandang” dipilih untuk memaknai bertemunya seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah Kota Yogyakarta dalam kegiatan silaturahmi di bulan Syawal ini.

Selain tujuan di atas, Tandang Jogja Kreatif kembali melibatkan usaha kreatif masyarakat sebagai pengisi acara dan peserta kegiatan dengan tujuan menggeliatkan perekonomian dan pariwisata di Kota Yogyakarta. Pelaksanaan di area tengah kota juga bertujuan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai embrio event-event serupa kedepannya.

“Kegiatan ini diharapkan memberi semangat kepada seluruh pelaku industri pariwisata, pelaku UMKM dan masyarakat untuk mulai membiasakan diri berkegiatan sosial ekonomi, mulai menata pariwisata yang di dalamnya terdapat layanan, trasportasi, transaksi dalam masa longgar ini agar dapat dimaksimalkan dalam menyambut kedatangan wisatawan secara penuh di Kota Jogja.” ujar Heroe Poerwadi, M.A Wakil Walikota Yogyakarta dalam sambutan acara pembukaan.

Dibuka dengan pembagian 200 takir ‘sego gurih’ kepada seluruh pengunjung Tandang Jogja Kreatif sebagai simbolisasi momentum syukuran syawalan, kegiatan ini melibatkan warga dari Kampung Winong, Prenggan, Kotagede sebagai pembuatnya. Sementara itu hiburan bagi pengunjung yang datang diantaranya berasal dari siswa SD Taman Siswa yang menampilkan Sariswara lagu-lagu tradisional anak, dan tari kreasi oleh Sanggar Argodumilah dari Kampung Rejowinangun.

Sebanyak kurang lebih 100 booth dari berbagai usaha kreatif menggelar produk andalannya kepada seluruh pengunjung Tandang Jogja Kreatif. Terdapat sejumlah 65 UMKM (Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah) dari Kemantren Umbulharjo, Gondokusuman, serta Tegalrejo mengisi booth usaha kreatif dengan berbagai produk seperti kuliner, fashion, maupun tanaman hias. Booth Pelaku wisata yang terlibat antara lain GAIA Cosmo hotel, @home hotel, Yamie Panda, Bilik Kayu, XT Smile Club serta masih banyak lagi sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ini.

Sementara dari berbagai lembaga maupun instansi pemerintahan menghadirkan booth edukasi bagi pengunjung antara lain penanganan kebocoran gas dan animal rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta, Dinas P3AP2KB dengan edukasi melalui Gender corner & Kb serta pemeriksaan kesehatan jiwa dan cek oleh RS Ghrasia dan talkshow bersama Wakil Walikota Yogyakarta melalui radio Sonor FM dari Dinas Kominfo Kota Yogyakarta.

Selain itu dari komunitas yang terlibat antara lain Slow Jogging Indonesia membuka booth edukasi melalui kegiatan coaching clinic, komunitas Sepeda Tua Indonesia yang mengiringi kedatangan Wakil Walikota Yogyakarta, dan Rebana Gita Nasyida yang mengiringi acara ‘Takiran Sego Gurih’ dari Prenggan, Kotagede.

Acara Tandang Jogja Kreatif berlangsung dengan tertib sejak pukul 06.00 hingga 09.00 WIB sehingga memberi ruang yang bermanfaat baik bagi pengunjung maupun peserta dari berbagai usaha kreatif pendukung sektor pariwisata Kota Yogyakarta. Keseruan penampilan yang disuguhkan para pengisi acara dan ruang edukasi berjalan seimbang dan sesuai dengan pengunjung yang mayoritas adalah keluarga.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77.54%
Cukup Bermanfaat12.46%
Kurang Bermanfaat3.3%
Tidak Bermanfaat6.7%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 383 Kemarin 1749 Bulan Ini 383 Tahun Ini 256546 Total Pengunjung 1012627