Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 05 April 2022 SarkemFest 2022 Munculkan Potensi Wisata, Seni dan Budaya Sarkem
berita

SarkemFest kembali digelar di tahun 2022 oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menambah daya tarik wisata dan upaya promosi pariwisata Kota Jogja. Festival yang telah terselenggara di kali ketiganya ini berlangsung pada tanggal 26 dan 27 Maret 2022 lalu.

Hadir dalam acara pembukaan SarkemFest 2022 tanggal 26 Maret 2022, di Loko Coffee Shop Malioboro, Jalan Pasar Kembang, Asisten Perekonomian Setda Kota Yogyakarta Drs. Kadri Renggono untuk mewakili Walikota Yogyakarta.“Kegiatan Sarkemfest ini diharapkan bermanfaat untuk menyemarakkan daya tarik pariwisata serta seni dan budaya di Jogja. Sarkem supaya dapat terus berkarya dan berinovasi untuk mendukung pariwisata kota Jogja. Karena Sarkem adalah landmark maka citra positif harus dipertahankan. Kami apresiasi peran stakeholder, pemerhati budaya, pengusaha sektor non formal dan PT KAI yang telah melakukan penataan kawasan wisata budaya ini.Terima kasih sudah bekerjasama untuk menata Sarkem menjadi kawasan perekonomian dan bisnis yang asri, teratur dan tertata baik.” Pesan Drs. Kadri Renggono.

Jalan Pasar Kembang atau akrab disebut Sarkem memiliki potensi wisata yang unik dengan sejarah panjang penataannya sehingga menjadi rapi dan bersih seperti saat ini. Keberadaannya yang berbatasan dengan Stasiun KAI Tugu Yogyakarta menjadikan Sarkem sebagai salah satu pusat kegiatan wisatawan. Tempat tersebut kini semakin nyaman untuk wisatawan dengan adanya Selasar Malioboro, hotel-hotel yang cantik dan nyaman, serta atraksi wisata budaya dari Kampung Wisata Sosromenduran.

Kondisi tersebut dimunculkan dalam SarkemFest 2022 yang mengambil tema “Menyapa Rasa Menggapai Martabat” dengan sasaran para pelaku seni dan masyarakat di Sarkem.  Kegiatan pembukaan hingga penutupan ini diadakan secara hybrid dengan menampilkan antara lain pawai Bregodo, pawai Barongsai, Karawitan, pelaku seni pertunjukkan Keroncong, Jazz, Reggae), pengamen Malioboro, pelaku kegiatan seni rupa (pameran seni instalasi dan drawing on the spot), pelaku seni fashion, dan tourism activity seperti blusukan sepeda onthel di kampung, pameran UMKM dan pasar kuliner.

Sementara itu penutupan acara Sarkemfest terselenggara pada tanggal 27 Maret 2022 di rooftop Hotel NEO Malioboro Yogyakarta dengan hiburan dari Gamelan Band. Seluruh kegiatan didokumentasikan dalam proses tapping dimana acara pembukaan hingga penutupan kegiatan Sarkemfest 2022 secara keseluruhan dapat dinikmati oleh masyarakat di kanal Youtube Pemkot Jogja, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, dan Sarkemfest Jogja mulai tanggal 6 dan 7 April 2022 pukul 18.30 WIB.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77%
Cukup Bermanfaat12.66%
Kurang Bermanfaat3.31%
Tidak Bermanfaat7.04%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 997 Kemarin 769 Bulan Ini 35851 Tahun Ini 206552 Total Pengunjung 962633