Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 14 May 2018 Kampung Wisata Becak Maju
berita

Kampung Wisata becak Maju merupakan kampung wisata gabungan dua wilayah yaitu Kelurahan Bener dan Kelurahan Kricak Kecamatan Jetis. Kampung wisata ini berbasis pada penguatan bantaran sungai Winongo bagiaan utara. Penataan lingkunganbantaran sungai menjadi atraksi dan sekaligus daya tarik utama bagi Kampung Wisata Becak Maju.

Disisi lain kampung wisata ini juga memiliki potensi atraksi unggulan baik dibidang seni budaya, kerajinan maupun kuliner bahkan juga terdapat atraksi minat khusus yaitu adanya Sanggar Edukasi penggembangan karakter dan kepribadian bagi anak-anak. Dibidang seni budaya terdapat kesenian rakyat yang sangat unik yaitu Reog Dor atau Barongan kemudian juga terdapat seni Mocopat serta Karawitan. Dibidang kerajinan yang diunggulkan adalah kerajinan berbahan daur ulang. Dibidang kuliner banyak tersedia aneka jajanan pasar karena banyak warga masyarakat yang menjalani usaha pembuatan jajanan pasar.

Penataan lingkungan bantaran sungai yang sangat bagus dan tersedia ruang publik maupun gazebo di sepanjang bantaran sungai menjadikan Kampung Wisata Becak Maju ini menjadi salah satu kampung wisata yang nyaman untuk dikunjungi karena para pengunjung akan memperoleh suasana yang sejuk dan asri sambil menikmati atau melakukan atraksi berbasis air sungai.

Di kampung wisata ini juga tersedia fasilitas yang dapat digunakan untuk penyelenggaraan event lomba burung berkicau maupun untuk rest area setelah melakukan kegiatan Winongo River Walk. Agenda tahunan yang sekaligus sebagai atraksi berbasis dolanan anak tempo dulu yaitu Festival Egrang yang diselenggarakan secara rutih setiap tahun di bulan November yang melibatkan peserta dari luar Kampung Wisata Becak Maju.

Itinerary Paket Dasar :

1. jam : 08.30 – 09.00 : Seremonial Welcome

2. jam : 09.00 – 10.00 : Sususr Bantaran Sungai Winongo

3. jam : 10.00 – 10.30 : Atraksi Permainan Tradisional Egrang

4. jam : 10.30 – 11.30 : Atraksi Kerajinan Bahan Daur Ulang ( Workshop )

5. jam : 11.30 – 12.30 : Atraksi Seni Pertunjukan Reog Dor

6. jam : 12.30 – 13.30 : Makan Siang

Keterangan :

Reservasi satu hari sebelumnya

Contact Person : Ir. Mudji Jana – 081365702463



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat74.61%
Cukup Bermanfaat12.04%
Kurang Bermanfaat3.37%
Tidak Bermanfaat9.99%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 868 Kemarin 3339 Bulan Ini 79051 Tahun Ini 186435 Total Pengunjung 2632946