Menunggu merupakan aktivitas yang sangat melelahkan dan membosankan. Terlebih ketika sedang berada dalam perjalanan baik itu menunggu keberangkatan ataupun menunggu sampai ke tempat tujuan. Rasa kantuk, penat, haus, hingga lapar bercampur aduk menjadi satu. Namun anda tidak perlu khawatir, Anggrek Executive Lounge hadir untuk memberikan pelayanan terbaik pada penumpang Kereta Api Indonesia selama perjalanan.
Anggrek Executive Lounge merupakan ruang tunggu berbayar seperti lounge pada umumnya yang dapat diakses oleh semua orang dengan semua kelas tiket baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Dikelola oleh anak perusahaan Kereta Api Indonesia yang bernama PT. Kereta Api Indonesia Pariwisata yang khusus bergerak dibidang pariwisata. “Bisnis utamnya yang dari PT. Kereta Api Pariwisata adalah menyediakan kereta wisata, kalau pernah dengerkereta sultan, kereta istimewa yang kemarin sempat viral di TikTok, kereta yang interiornya lebih bagus daripada kereta regular dan hanya bisa di-charter atau disewa rombongan. Bisnis penunjangnya adalah salah satunya Anggrek Lounge dan Shower & Locker” ujar Titik Kusumarini, Marketing Anggrek Executive Lounge.Berlokasi di Stasiun Tugu, Jalan Pangeran Mangkubumi No.1, Gowongan, Jetis, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Anggrek Executive Lounge telah melayani penumpang sejak tahun 2017.
Anggrek Executive Lounge memberi pelayanan prima pada penumpangnya. Terlihat dari segi interior yang eksklusif serta diiringi fasilitas yang mumpuni. Penumpang yang baru saja tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta hanya perlu berjalan beberapa langkah untuk sampai di Anggrek Executive Lounge. Ketika memasuki area lounge, penumpang mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan menunjukkan kartu tanda pengenal dan juga tiket perjalanan kereta. Setelah data tervalidasi, penumpang memiliki akses untuk menggunakan semua fasilitas yang disediakan. Sebagai penyedia layanan, Anggrek Executive Lounge mengutamakan kenyamanan pengunjung yang melakukan perjalanan. “Mereka bisa menunggu disini dan sudah mendapat kenyamanan yang mereka cari seperti itu. Ruangan tunggu kami ber-AC, tempat duduknya nyaman, mushola, toilet dan smoking area sudah disediakan di dalam juga” ujar Nisa salah satu karyawan. Ruangan VIP juga disediakan untuk direksi atau pejabat daerah seperti Gubernur dan Walikota Yogyakarta. Bagi penumpang yang merasa lapar dan haus, tenang saja karena lounge ini juga menyediakan coffee breakmencakup teh, kopi, dan beberapa snack bahkan bisa refill sepuasnya. Semua pelayanan dapat dinikmati dengan tarif Rp. 35.000/orang dan tidak dibatasi waktu karena saat ini penumpang kereta api belum mengalami kepadatan. Namun, ketika terjadi kepadatan maka akan dibatasi satu transaksi untuk waktu 4 jam saja. Sebelum pandemi, lounge ini menyediakan all you can eatmakanan berat secara prasmanan dengan membayar Rp. 65.000. Guna mencegah penyebaran dari virus corona, maka menu all you can eat ditiadakan. Penumpang tidak perlu keluar lagi untuk mencari apa yang dibutuhkan karena semuanya sudah terfasilitasi di satu tempat.
Penumpang yang datang biasanya memang sudah menjadi langganan dengan keberangkatan Jogja-Gambir, Jogja-Bandung, dan Jogja-Surabaya. Anggrek Executive Lounge melayani penumpang dari Senin-Kamis dengan mengikuti jam operasional kereta. Untuk weekend full service 24 jam dari pagi hingga malam. Keberadaan Anggrek Executive Lounge menjadi tempat ternyaman untuk menunggu kedatangan dan keberangkatan kereta selanjutnya.