Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 07 September 2021 Pasaran Legi Pasar Kotagede Jangan lewatkan Oleh-Oleh Banjar Ukel
berita

Banjar dan Ukel merupakan jenis camilan kue khas Kotagede Yogyakarta. Teksturnya renyah, empuk dan terasa manis dari gula asli dan tanpa bahan pengawet. Berbeda dari ragam kuliner khas lainnya seperti kipo, yangko, maupun legomoro yang berbahan dasar ketan, banjar dan ukel terbuat dari perpaduan tepung, telur, gula, santan dan garam.

Ukel dan banjar dibuat dengan cara yang sama hanya dibedakan pada saat finishing. Ukel adalah kue banjar yang telah diberi finishing berupa gula halus, sedangkan banjar sebelum diberi finishing. Jajanan tradisional khas ini telah diproduksi sejak tahun 1960 dengan resep sederhana rasa original, namun sekarang wisatawan dapat menemukan varian baru rasa cokelat dan kacang. 

Kue banjar dan ukel merupakan suguhan istimewa yang sering disuguhkan untuk semua usia karena tekstur yang empuk dan renyah, saat ada tamu di rumah ataupun ketika tengah ada acara-acara utama, yang akan cocok ditemani dengan satu gelas minuman hangat seperti kopi maupun teh.

Proses pembuatan kue banjar dan ukel cukup sederhana. Kue Banjar dibuat dengan mencampurkan tepung bersama garam serta telur sampai rata, kemudian masukan santan sambil diaduk sampai adonan bisa dipulung. Ambil adonan seperlunya, pilin hingga menjadi 8 cm, serta bentuk adonan seperti angka 8. Jika sudah selesai dibentuk, masukan adonan pada minyak dingin diatas wajan.

Kemudian barulah api kompor dinyalakan dengan berukuran kecil, diamkan hingga minyak panas. Kalau kue sudah mengembang mulai diaduk pelan-pelan supaya panasnya merata, masak sampai kue setengah matang. Lalu pindahkan lagi pada wajan yang berisi minyak panas. Goreng terus menerus sampai matang dan warnanya agak kuning keemasan lalu angkat dan tiriskan.

Untuk ukel, sebagai tambahan masak air serta gula diatas api yang berukuran sedang, kemudian masak hingga mengental serta merambat. Setelah itu masukan kue banjar kedalamnya dan diaduk-aduk sampai kering, angkat serta hidangkan maka jadilah kue ukel.

Kue banjar dan ukel dapat dengan mudah ditemukan di Pasar Legi Kotagede Yogyakarta terutama hari Legi (penanggalan jawa) yang merupakan hari pasarannya. Kue khas ini dapat menjadi salah satu alternatif buah tangan khas Yogyakarta karena dapat tahan lama hingga 15 hari bila akan dibawa dalam perjalanan.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.94%
Cukup Bermanfaat11.82%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat5.91%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 61 Kemarin 1141 Bulan Ini 21717 Tahun Ini 173444 Total Pengunjung 615215