Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 September 2021 Sibak Sisi Lain Sejarah Perjuangan Dalam Buku Code C di Museum Sandi
berita

Museum yang terletak di tengah Kota Yogyakarta dengan alamat Jl. Faridan M. Noto No. 21 Kotabaru, Yogyakarta ini sering sekali menerima kunjungan dari beberapa siswa sekolah maupun perguruan tinggi untuk belajar persandian di Indonesia. Berlokasi di daerah Kotabaru yang penuh atmosfer Indis, Museum Sandi menyimpan berbagai benda bersejarah tentang ilmu kriptografi Indonesia.

Museum Sandi terdiri dari dua lantai dengan eksibisi yang berkaitan dengan sejarah persandian di Indonesia. Dikelompokkan ke dalam Ruang Introduksi, Ruang Agresi Militer I, Ruang Agresi Militer II, Ruang Maket Dukuh di Lantai I, Ruang Merdeka, Ruang Nusantara, Ruang Edukasi, Ruang Tokoh, Ruang Sandi Global di Lantai II.

Dahulu Lantai I diperuntukkan sebagai ruang tamu, dilanjutkan dapur, kamar pembantu, gudang. Sekarang pengunjung dapat menikmati video Sejarah Persandian Dunia di Ruang Introduksi, menyimak Buku Code C yaitu buku kode pertama yang dimiliki Indonesia dan ragam koleksi di Ruang Agresi Militer I, serta mengenal perjuangan gerilya petugas sandi di Ruang Agresi Militer II.

Koleksi Museum Sandi berupa barang asli atau replika peralatan sandi, meubeler, sepeda, patung, barang keseharian pelaku sejarah persandian, slide sistem sandi, dokumen lembaran kertas dan buku kode, gambar, foto, peta napak tilas sandi, lukisan kegiatan sandi dalam perundingan, diorama kegiatan kurir sandi dan suasana pedukuhan Dukuh.

Museum Sandi semakin aktif berperan serta dalam kancah permuseuman, baik di tingkat lokal maupun nasional dibuktikan dengan keterlibatan dalam berbagai festival, pameran, seminar, maupun program-program publik yang diselenggarakan Museum Sandi.

Hal ini tidak terlepas dari tugasnya untuk mengelola museum dan melaksanakan edukasi budaya keamanan informasi. Inovasi yang dilakukan Museum Sandi membuahkan hasil diantaranya meraih Anugerah Purwakalagrha dalam ajang Indonesia Museum Award 2016 dengan kategori Smart Museum atau Museum Pintar. Museum Sandi juga menjadi Museum Favorit Pengunjung dalam pameran Museum Goes to Campus 2017 di UNS dan Stand Museum dengan Pelayanan Terbaik pada saat mengikuti pameran ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah tahun 2017.

Fasilitas yang terdapat di museum ini antara lain Pemandu, Anjungan Informasi Elektronik, Cryptogames bermedia touchscreen, Ruang Pameran, Ruang Multimedia, Ruang Perawatan Koleksi , Aula, Mushola, Toilet, Halaman Parkir roda dua dan empat

Jam Operasional di Museum Sandi

  • Senin - Kamis (08.30 -15.00 WIB)
  • Jumat (08.30 - 11.30 WIB)
  • Sabtu - Minggu (09.00 - 12.00 WIB)
  • Hari besar nasional dan libur agama tutup

Tiket Masuk tidak ada/gratis



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.94%
Cukup Bermanfaat11.82%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat5.91%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 103 Kemarin 1141 Bulan Ini 21759 Tahun Ini 173486 Total Pengunjung 615257