Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 17 July 2021 Tips Jaga Imun Tubuh Ala Traveller di Masa PPKM
berita

Mengikuti anjuran pemerintah untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tentunya tidak ada perjalanan terutama untuk tujuan berwisata. Para traveller yang untuk sementaraberistirahat dari kegiatan tersebut, tentu memiliki cara tersendiri untuk menjaga kebugaran tubuh. Meskipun di rumah saja, ada hal-hal yang dilakukan agar penyukaperjalanan ini terhindar dari penularan virus yaitu dengan menjaga imunitas tubuh. Meski sederhana, cara-cara dibawah berikut dapat menjadi referensi untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh selama new normal:

1. Terapkan Pola Tidur Teratur

Kekebalan imun sangat tergantung dari waktu yang kamu diluangkan untuk beristirahat, terutama waktu tidur malam. Untuk memenuhi kebutuhan, orang dewasa setidaknya perlu tidur selama 7-9 jam sehari.

Kekurangan tidur dapat menyebabkan menurunnya produksi protein dan sel-sel dalam tubuh kamu yang berfungsi untuk melawan dan menghancurkan virus. Akibatnya, imunitas tubuh akan menurun.

Untuk itu, aturlah jadwal aktivitasmu sehari-hari sehingga kamu memiliki waktu istirahat dan tidur malam yang cukup. Kurangi begadang hingga larut malam karena akan membuat tubuhmu lebih rentan terhadap penyakit.

2. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Pastikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari sudah mengandung nutrisi-nutrisi tersebut agar mendukung kekebalan imun tubuh. Jangan lupa juga makanan harus dalam kondisi baik dan dimasak dengan matang.

Hindari makanan cepat saji untuk mempertahankan berat badan normal agar dapat mencegah masalah gizi tidak seimbang. Hentikan juga konsumsi rokok nikotin atau elektronik dan alkohol yang dapat meningkatkan resiko komplikasi. Kadar nikotin dalam rokok juga dapat mengganggu berbagai sel imun yang menjaga tubuh kamu dari virus seperti sel CD4+, T-Helper, Limfosit B, dan Limfosit T.

3. Olahraga Rutin dan Kelola Stres

Selain istirahat yang cukup dan konsumsi asupan bergizi, kamu juga perlu menjaga kebugaran tubuh untuk membantu proses regenerasi sel imun dan mengurangi peradangan di tubuh. Dalam menjaga kekebalan sistem imun, kamu tidak perlu berolahraga berlebihan, yang penting adalah rutin dalam melakukan olahraga setidaknya 30 menit selama sehari. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki, peregangan atau jogging.

Selain itu, penting juga bagi kamu untuk mengelola stress. Pengelolaan stress yang kurang baik dapat menyebabkan kamu sulit tidur dan kehilangan nafsu makan. Nantinya, hal ini akan memicu menurunnya kekebalan imun. Cobalah meluangkan waktu untuk bersosialisasi virtual bersama orang-orang terdekat, melakukan hobi, atau mempelajari teknik-teknik relaksasi sambil kamu berolahraga.

4. Konsumsi Vitamin dan Suplemen Tambahan

Jika dirasa perlu, kamu bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan yang memperkuat kekebalan tubuh. Beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan sistem kerja imun adalah vitamin C, E dan Zinc. Selain itu mengonsumsi vitamin B3, B5 dan B6 juga dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat sakit.

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya kamu juga mengkonsultasikan penggunaan vitamin & suplemen tambahan pada dokter, terlebih jika sedang mengonsumsi obat-obatan. Ikuti aturan pakai dan dosis sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan

 

Sumber: https://m.traveloka.com/id-id/explore/activities/tips-menjaga-imunitas-tubuh-saat-new-normal-2/35739

foto: https://www.google.com.pa/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/2116258/jaga-pola-hidup-sehat-tak-sekadar-soal-asupan-makanan



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.99%
Cukup Bermanfaat11.88%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat5.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 423 Kemarin 556 Bulan Ini 14051 Tahun Ini 124636 Total Pengunjung 566407