Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 14 July 2021 Lemper Tekstur Lengketnya Eratkan Persaudaraan
berita

Siapa yang tidak tau nama makanan lemper, lemper selalu diidentikan dengan cemilan khas yang biasa disajikan saat ada acara hajatan di budaya orang jawa khususnya Yogyakarta. Ada banyak makna yang dikandung dalam camilan lemper yang erat akan filosofi dalam kehidupan masyarakat Jawa sehari-hari. Ketan yang berisiskan abon ayam/srundeng yang dilapisi oleh daun pisang dan dikukus ini punya tempat khusus dihati masyarakat Indonesia khususnya etnis Jawa.

Sejarah lemper dahulunya berisikan kelapa parut yang digoreng hingga berwarna kecoklatan namun seiring dengan perkembangan zaman lemper sudah berubah isiannya bisa diisi dengan abon ayam,sapi maupun srundeng. Di era seperti sekarang makanan lemper sangat mudah dijumpai pada acara hajatan, rapat formal, dan dijual dijajanan pasar

Filosofi yang dikandung dari makanan lemper adalah  tekstur dari lemper sendiri yang lengket mempunyai arti makna persaudaraan yang begitu erat. Selain itu filosofi dari lemper yang lengket adalah bisa mendatangkan rezeki bagi siapapun yang memakannya. Lemper juga mempunya filosofi yang masih dipegang hingga saat ini “yen dilem ojo memper” yang artinya jangan tinggi hati ketika kita mendapat pujian.

Cara membuat lemper juga tidaklah sulit hanya membutuhkan ketan yang dibersihkan lalu kukus dan campur air santan lalu setelah jadi beri isian dengan abon/srundeng ayam lalu tutup lapisi dengan daun pisang, setelah itu kukus dan tunggu setelah beberap saat dan lemper pun siap untuk dinikmati.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.99%
Cukup Bermanfaat11.88%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat5.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 451 Kemarin 556 Bulan Ini 14079 Tahun Ini 124664 Total Pengunjung 566435