Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 04 July 2021 Cilok Gajahan Camilan Alun-Alun Kidul Favorit Anak Muda
berita

Wisata kuliner di Kota Yogyakarta merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan wisatawan maupun masyarakat. Hal pendukungnya adalah keragaman jenis kuliner yang diadaptasi dari berbagai kebudayaan namun dengan sentuhan rasa yang disesuaikan dengan citarasa Yogyakarta. Wisata kuliner menjadi unik karena hampir semua jenis kuliner nusantara dapat ditemukan di Kota Yogyakarta.

Salah satunya adalah camilan Cilok Gajahan yang terletak di Alun-Alun Kidul Kota Yogyakarta. Cilok yang sejatinya merupakan camilan khas sunda, diolah sedemikian rupa oleh pemilik Cilok Gajahan sehingga memiliki cita rasa yang ngangeni dan hanya dapat ditemukan di Jogja. 

Keunikan namanya yakni Gajahan bukan karena cilok yang berukuran besar, namun karena Cilok Gajahan pertama kali berlokasi di dekat bekas kandang gajah milik Keraton Yogyakarta. 

Cilok Gajahan populer di kalangan anak muda sebagai cemilan sore hari dan menjadi jajan paling dicari setelah aktivitas olahraga di Alun-Alun Kidul. Cilok Gajahan terkenal karena empuk, gurih dan dilengkapi dengan sambal super pedas dari olahan cabai yang segar serta kecap yang bermerk bagus. 

Isian Cilok Gajahan adalah daging sapi berkualitas namun harga tetap bersahabat di kantong pembeli dengan harga Rp 5.000 per porsi berisi 20 butir cilok. Hal ini juga yang menjadi alasan anak muda terutama mahasiswa menjadi pelanggan utama Cilok Gajahan karena terjangkau dan enak. Kualitas yang dijaga oleh pemilik juga pada kemasan, seperti plastik berkualitas untuk membungkus serta kantong plastik yang dicetak logo Cilok Gajahan sehingga terlihat premium. 

Dijual mulai dari pukul 15.30 hingga pukul 18.00 Cilok Gajahan selalu habis dibeli baik oleh anak muda maupun semua umur. Bila membeli di Alun-Alun Kidul pembeli hanya dapat membawa pulang, maka di rumah pemilik yang berlokasi di Kampung Kadipaten Kulon KP 1, Nomor 270, RT 16/RW O2, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, pembeli dapat makan di tempat lengkap dengan minuman segar yang dijual. 

Di warung Cilok Gajahan pembeli juga dapat membeli Cilok Gajahan yang berupa frozen food. Kemasan itu dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi wisatawan sehingga dapat mengobati rasa kangen pada rasa Cilok Gajahan di kampung halaman. Selain itu Cilok Gajahan saat ini telah dibuka berbagai cabangnya seperti di daerah Condongcatur, Jalan Kaliurang KM 9 dan di Kasihan, Bantul.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.99%
Cukup Bermanfaat11.88%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat5.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 379 Kemarin 556 Bulan Ini 14007 Tahun Ini 124592 Total Pengunjung 566363