Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 May 2018 Kampung Wisata Tahunan
berita

Kampung wisata Tahunan lokasinya berada di wilayah kelurahan tahunan kecamatan Umbulharjo. Potensi unggulan yang dimiliki adalah kerajinan batik dan kain jumputan serta atraksi seni budaya khususnya seni karawitan klasik gaya Yogyakarta serta adanya industry kreatif pembuatan replika dan kostum tokoh tokoh super hero. Dalam sisi yang lain juga terdapat daya atrik khusus yang bersifat khusus yaitu adanya makam tokoh taman siswa dan tokoh pendidikan nasional Ki. Hajar Dewantara yang pangsa pasarnya ditujukan kepada anak anak sekolah.

Sedikit berbeda dengan kampung wisata pandeyan dikampung wisata Tahunan dalam melakukan penguatan produk atraksi seni budaya lebih mengarah pada bentuk edukasi wisatawan dari berbagai mancanegara bahkan hingga saat ini sudah banyak menghasilkan gelar Doctor bagi para peneliti mancanegara. Reputasi keberadaan atraksi karawitan di kampung wisata Tahunan bahkan sudah go international hal tersebut terbukti dengan adanya sebuah karya seorang empu seni karawitan warga Tahunan yang bernama Ki. Wasitodiningrat. Karya beliau diteliti dan diputar diluar angkasa untuk sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak NASA.

Dalam penguatan atraksi daya tarik wisata dan khususnya dalam penguatan produk kampung wisata Tahunan kini menciptakan sentra kain jumputan, banyan sanggar memajang produk batik dan kain jumputan di sepanjang jalan utama di Tahunan. Diberbagai tempat juga menyelenggrakan workshop proses kondisi sebuah sentra kerajinan batik dan kain. Kini mulai gallery dan menyelenggrakan workshop mulai dari proses awal hingga proses akhir bagi wisatawan yang berkunjung dan berminat untuk belajar membuat kain jumputan. Salah satu sanggar yang secara aktif menyelenggarakan workshop dan pelatihan pembuatan batik dan kain jumputan dikampung wisata Tahunan antara lain yaitu sanggar Maharani dan tentu saja amsih banyak sanggar lain dikampung wisata Tahunan yang juga menyelenggarakan pelatihan membuat kain jumputan.

Itinerary Paket Dasar :

Jam : 08.30 0 09.00 : Welcome drink dan Musik Gejog lesung

Jam : 09.00 – 09.30 : Napak Tilas Ki. Hajar Dewantara

Jam : 09.30 – 10.00 : Atraksi seni pertunjukan Reog Panji

Jam : 10.00 – 11.00 : Workshop dan pembuatan kostum Tokoh super hero

Jam : 11.00 – 13.00 : Interaksi sosial dan belajar jumputan

Jam : 13.00            : Makan siang

Keterangan :

Harga paket           : Rp. 150.000/pax – minimal 10 pax

Contact Person      : Ratmono – 081328860490

                                 Surani – 082138915749

Reservasi               : Satu hari sebelumnya untuk paket, untuk belanja dan workshop pembuatan kain

                                 Jumputan dapat dilakukan setiap saat.

 



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat64.8%
Cukup Bermanfaat10.52%
Kurang Bermanfaat3.08%
Tidak Bermanfaat21.6%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1488 Kemarin 3636 Bulan Ini 90992 Tahun Ini 697999 Total Pengunjung 3144510