Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 April 2021 Sarkem Fest 2021 Ingatkan Keindahan Bunga Kota Jogja
berita

Pasar Kembang Festival (Sarkem Fest) 2021  yang mengusung tema ‘Menyapa Rasa Menggapai Martabat’ digelar mulai tanggal 3-10 April 2021 bertempat di sepanjang jalan Pasar Kembang yang bersebelahan dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Berlangsung di tengah pandemi tidak mengurangi kemeriahan Sarkem Fest 2021 yang dilaksanakan dengan model hybrid. 
Pembukaan dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Purwadi di Loco Cafe yang merupakan destinasi wisata khas stasiun kereta api. “Saat ini perlu menumbuhkan semangat membangkitkan kembali citra Pasar kembang. Di kawasan sekitar stasiun Tugu dulunya banyak masyarakat berjualan kembang atau bunga. Maka wilayah ini dinamakan dengan Pasar Kembang dan berperan sebagai wajah kota yang penuh dengan keindahan di hadapan para pelancong. Dalam acara kita pagi ini, mari kita bangkitkan lagi citra keindahan Pasar kembang sebagai ‘kembang’ atau ‘bunga’-nya Kota Jogja lewat Pasar kembang Festival Tahun 2021,” terang Heroe Purwadi.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan Komunitas Pasar Kembang menyelenggarakan Sarkemfest 2021 sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi sosial, budaya, dan ekonomi warga Pasar Kembang sekaligus mengikis stigma negatif Pasar Kembang melalui pemberdayaan potensi seni, budaya, dan UMKM yang ada di wilayah tersebut. 
Selama delapan hari, Sarkemfest berlangsung secara tatap muka terbatas pada saat pembukaan serta penutupan.  Dan dilaksanakan pengambilan gambar atraksi seni budaya untuk nantinya ditayangkan secara virtual. Aktivitas seni budaya yang akan ditampilkan diantaranya yaitu Kelompok Keroncong, Kelompok Band, Sarkem Jazzy, Pameran Instalasi Topeng Nusantara dan Dunia, Onthel Blusukan, Gowes City Ride, Perempuan Berkebaya, Fashion Show Batik Bocah dan Dewasa, Mural, serta Pameran UMKM dan Kuliner.

Selama proses kegiatan Sarkemfest 2021 dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan disiplin.

Sarkemfest 2021 sebagai bagian dari daya tarik wisata Kota Yogyakarta diharapkan mampu membangun citra positif terhadap kawasan Pasar Kembang dan menguatkan semangat masyarakat dalam mengembangkan aktivitas kepariwisataan yang sesuai nilai luhur budaya sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan warga Pasar Kembang.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.2%
Cukup Bermanfaat11.94%
Kurang Bermanfaat3.35%
Tidak Bermanfaat5.97%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 508 Kemarin 502 Bulan Ini 12258 Tahun Ini 65749 Total Pengunjung 507520