Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 19 March 2021 Industri Pariwisata Kota Jogja Optimis Sambut Wisatawan
berita

Salah satu rangkaian event Jogjavaganza 2021 dilaksanakan Webinar Jogja Tourusm Update Seri 1 pada hari kamis 18 Maret 2021 mulai pukul 09.30 - 12.00 WIB mengusung tema "Membangun Kolaborasi Dalam Promosi Pariwisata Kota Jogja".

Terdapat tiga narasumber dalam webinar melalui zoom meeting kali ini. Narasumber pertama adalah bapak Aldi Fadhil Diyanto, S.E selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Jogja, narasumber yang kedua adalah bapak Dr.-Ing Paulus Bawole, MA selaku Ketua Program Studi Magister Arsitek FAD UKDW dan narasumber terakhir adalah bapak  Edwin Ismedi Himna selaku Ketua Panitia JogjaVaganza 2021. 

Jogja Tourism Update Seri Ke-1 dibuka oleh Dra. Tyasningsih Handayani Shanti selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Jogja mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Beliau menyampaikan Jogja Tourism Update merupakan program serial webinar bagi pelaku industri dan pemerhati pariwisata kota Yogyakarta yang di inisiasi oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) yang bekerjasama dengan Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Webinar ini juga merupakan dari rangkaian  dan even jogjavaganza 2021 sebagi kegiatan promosi tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Jogja.

“Pengembangan pariwisata Kota Jogja juga membutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk dapat maju  bersama, terutama di era new normal yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industri dan juga pemerintah. Harapannya saat pandemi ini telah berakhir maka kita betul–betul sudah siap menyambut para wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja.” Jelas Sekdin Dispar Kota Jogja.

Narasumber pertama Bapak Aldi Fadhil Diyanto, S.E selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Jogja mengangkat tema “Optimisme dalam Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta”. “Strategi pengembangan pariwisata dimasa pandemic dengan brand image yang mencakup citra service yang baik sesuai protokol kesehatan covid – 19. Perlu juga promosi dan membangun image positif untuk daya tarik wisatawan. Selanjutnya implementasi pendukung promosi, lalu re-branding dan yang terakhir ialah event branding”, papar Bapak Aldi.

Narasumber kedua Dr.-Ing Paulus Bawole, MA selaku Ketua Program Studi Magister Arsitek FAD UKDW. Beliau menjelaskan tentang “Kolaborsi dan Potensi Wisata di Kampung Kota”, dalam pembahasannya beliau menjelaskan tentang visi presiden tahun 2020 – 2024, pembangunan dan pengembangan kampung wisata yang berada di kota jogja, dan tren baru pariwisata di era new normal.
Disaat pandemi seperti ini semua mengalami keterpurukan termasuk di bidang pariwisata dan penurunan yang sangat tajam termasuk penginapan, transportasi, kuliner. Bahkan banyak karyawan yang dirumahkan. “Dengan diadakannya seminar dan persiapan secara maksimal, maka jika pada suatu saat nanti kita sudah siap untuk menyambut para wisatawan yang hadir. Harapannya Yogyakarta kedepannya semakin terkenal, didatangi wisatawan dengan pelayanan yang prima dan maksimal.” harap Dr.-Ing Paulus Bawole, MA.

Narasumber terakhir Bapak  Edwin Ismedi Himna selaku Ketua Panitia Jogja Vaganza 2021 menjelaskan tentang “Sinergi menyambut Jogja Vaganza Tahun 2021”. Beliau memaparkan bahwa event Jogja Vaganza Kegiatan dimaksudkan untuk memotivasi hotel–hotel non bintang dan travel agen untuk berpromosi dengan mempertemukan antara seller dengan buyer secara langsung.

Di akhir acara peserta sepakat bahwa perkembangan pariwisata Kota Yogyakarta dapat didorong dengan meningkatkan brand image dengan cara promosi pelayanan yang baik. Selain itu juga, dengan melaksanakan berupa implementasi CHSI pada seluruh pelaku pariwisata. 



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.2%
Cukup Bermanfaat11.94%
Kurang Bermanfaat3.35%
Tidak Bermanfaat5.97%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 499 Kemarin 502 Bulan Ini 12249 Tahun Ini 65740 Total Pengunjung 507511