Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 24 September 2020 SMA Bopkri 1 Yogyakarta
berita

1. Uraian Umum

Bangunan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta semula bernama Christelijke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) setingkat sekolah menengah tingkat pertama, saat ini dikelola oleh Badan Oesaha Pendidikan Kristen Indonesia, bangunan ini pernah digunakan pula sebagai cikal bakal Akademi Militer Nasional yang saat ini berlokasi di Magelang. Baik bentuk maupun arsitektur bangunan sekolah ini masih terawat dengan baik.

2. Kondisi Fisik Umum Saat Ini

Secara umum, bangunan  SMA BOPKRI 1 Yogyakarta masih mempertahankan bentuk asli bangunan dengan gaya arsitektur Kolonial. Tingkat keaslian bangunan ditandai dengan penggunaan jendela berukuran besar, banyaknya ventilasi udara pada bangunan, dan penggunaan batu alam pada permukaan dinding dari dasar kaki bangunan sampai batas ambang bawah jendela (rubble wall).

3. Sejarah

Bangunan sekolah SMA BOPKRI 1 Yogyakarta didirikan oleh yayasan dari kelompok organisasi agama Kristen sebagai sekolah lanjutan pertama berdurasi tiga tahun yang menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar. Kemudian pada masa pendudukan militer Jepang di Yogyakarta pada tahun 1942 bangunan ini digunakan sebagai tengsi militer. Selanjutnya digunakan sebagai tempat akademi Militer Republik Indonesia pada tahun 1945.

Terbentuknya akademi militer di Yogyakarta ini terkait dengan peristiwa pembubaran akademi militer di Jakarta oleh pihak Jepang. Dalam insiden tersebut banyak kadet yang gugur termasuk Daan Mogot sebagai tokoh pemrakarsa pendirian akademi tersebut. Selanjutnya, Letnan Jendral Urip Sumoharjo yang kala itu menjabat Kepala Staf Umum TKR memerintahkan untuk membentuk akademi militer di Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober 1945. Pada awalnya nama akademi ini adalah Militer Akademi, kemudian tahun 1957 diubah menjadi Akademi Militer Nasional sekaligus dipindah kedudukannya ke Magelang dan masih berfungsi sampai saat ini. Pada tahun 1966 Akademi Militer Nasional diintregasikan ke dalam Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) dan selanjutnya berubah nama menjadi Akademi Militer (AKMIL) sejak tahun 1986. Peringatan mengenai penanda lokasi awal akademi militer ini terdapat pada sebuah monument prasasti yang terletak di depan bangunan  SMA BOPKRI 1 Yogyakarta saat ini.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat64.8%
Cukup Bermanfaat10.52%
Kurang Bermanfaat3.08%
Tidak Bermanfaat21.6%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1526 Kemarin 3636 Bulan Ini 91030 Tahun Ini 698037 Total Pengunjung 3144548