Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 24 July 2019 Fasilitasi Wisatawan Blusukan Kampung Wisata, Jogja Bike luncurkan Unit MTB
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Pemkot Yogyakarta meluncurkan sejumlah fasilitas anyar untuk menunjang konsep semi pedestrian Malioboro. Fasilitas ini diharapkan bisa memanjakan para wisatawan.

Salah satunya adalah meluncurkan unit baru Jogja bike yang berupa sepeda jenis MTB atau sepeda gunung untuk melengkapi koleksi layanan Jogjabike yang sebelumnya hanya mengadopsi ontel, Selasa (23/7/2019).

Peluncuran unit baru Jogja bike ini adalah untuk memfasilitasi para wisatawan yang ingin blusukan ke kampung wisata dengan cara gowes.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan Jogjabike versi MTB tersebut untuk mewadahi aspirasi pengguna yang menginginkan bisa berkendara nyaman untuk jarak jarak yang agak jauh, bukan di sekitaran Malioboro saja.

"Dengan Jogjabike MTB ini harapan kami wisatawan yang menyewa sepeda bisa berpergian sampai kampung kampung wisata di pinggiran Yogya, yang jalan kampungnya sempit dan tak bisa di akses becak atau andong atau angkutan umum lain " ujarnya.

Menurutnya Di Yogya sendiri banyak kampung wisata dengan keunikan tersendiri dan bisa dijangkau dengan gowes.

" Seperti blusukan di lokasi perajin perak di Kotagede atau menyambangi gang gang kecil di kampung perajin Dipowinatan atau Kauman yang eksotis." katanya.

Dengan bersepeda, lanjutnya, bisa pula belanja oleh oleh ke pusat perajin bakpia di Kampung Patuk atau belanja batik lukis di kampung Tamansari.

Walikota menambahkan jika keberadaan alat transportasi ramah lingkungan juga akan mendukung uji coba Malioboro yang diarahkan menuju kawasan semi pedestrian.

Sementara itu, Komisaris Utama Jogja Bike, Triyanto menambahkan, Jogja Bike edisi MTB ini bisa digunakan wisatawan untuk jarak lebih jauh dibandingkan Jogja Bike edisi sepeda onthel.

"Untuk menghubungkan destinasi wisata Malioboro ke kampung dan ikon wisata di sekitar Malioboro, sebagai penghubung. Sehingga wisatawan tidak tumplek blek di Malioboro, sehingga kampung dan ikon wisata tersembunyi bisa lebih dikenal," kata Triyanto.

Biaya sewa Jogja Bike edisi sepeda onthel dan MTB sama, yakni Rp 5.000 per jam. Wisatawan bisa menyewa melalui aplikasi. Tiap unit sepeda dipasangi alat GPS sehingga pengelola bisa memantau keberadaan sepeda ketika disewa wisatawan.

"Khusus sepeda onthel dipakai di sekitaran Malioboro, kalau MTB bisa lebih jauh, nanti akan dilengkapi rute," imbuhnya.

Triyanto mengungkapkan, bahwa seluruh sepeda dilengkapi dengan GPS tersembunyi. Bila ada oknum yang dengan sengaja membawa Jogja Bike keluar jauh dari jangkauan, maka pihaknya bisa segera melacak.

Layanan Jogja Bike bisa diakses wisatawan lewat aplikasi Ina Bike. Untuk pembayaran sewanya bisa melalui aplikasi Link Aja atau tunai.

Layanan Jogjabike sendiri saat ini memiliki rata rata trip peminjaman  100 hingga 150 trip perharinya. 



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat73.74%
Cukup Bermanfaat11.94%
Kurang Bermanfaat3.44%
Tidak Bermanfaat10.88%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 2192 Kemarin 2912 Bulan Ini 90156 Tahun Ini 496146 Total Pengunjung 2942657