Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 21 February 2019 Monumen Serangan Umum Satu Maret
berita

JOGJA WELCOMES  YOU - Tentang Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta 

Monumen Serangan Umum 1 Maret berada di area sekitar Museum Benteng Vredeburg yaitu tepat di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Monumen ini dibangun untuk memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda pada tanggal 1 Maret 1949.

Ketika itu Negara Indonesia telah dianggap lumpuh dan tidak ada oleh Belanda. Untuk membuktikan bahwa Negara Indonesia masih ada maka dilakukan serangan besar-besaran. Serangan ini dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto, Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III.

Dalam peperangan itu Kota Yogyakarta saat itu berhasil diduduki oleh TNI selama 6 jam sampai dengan pukul 12.00, sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan berhasilnya Serangan Umum 1 Maret ini maka moril TNI semakin meningkat dan mampu mematahkan propaganda yang dilakukan Belanda.

Saat ini Monumen Serangan Umum 1 Maret ini merupakan salah satu landmark dan cagar budaya provinsi DIY sebagai bangunan yang mengingatkan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa lalu.

Pada saat-saat tertentu terutama pada waktu hari besar Nasional misalnya hari Kemerdekaan atau hari Pahlawan, monumen ini sering digunakan sebagai tempat acara untuk memperingati hari besar tersebut.

Harga Tiket Masuk

Tidak ada 

Fasilitas

Area pedetrian yan luas

Banku tempat duduk di luar paar monumen

Dekat degan Malioboro dan Kraton Yogyakarta 

Cara Menuju Lokasi

Dari Malioboro ke arah selatan hingga menemukan perempatan Kantor Pos Besar/Nol Kilometer

Monumen Serangan Umum 1 Maret terletak di ujung perempatan Nol Kilometer tersebut

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Monumen Serangan Umum 1 Maret merupakan public space yang biada dipakai untuk menyelenggarakan acara-acara kesenian atau hibura

Apabila tidak ada acara yang dilaksanakan di dalamnya, maka monumen ini tertutup untuk umum. Namun Anda tetap dapat melihat-lihat dari luar pagar

sumber : gudeg.net



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat73.69%
Cukup Bermanfaat11.99%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat10.92%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1615 Kemarin 3232 Bulan Ini 48834 Tahun Ini 353598 Total Pengunjung 2800109