Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 19 November 2018 Garebeg Mulud 21 November 2018 Kraton akan Tutup Satu Hari
berita

Jogja Welcomes You - Diberitahukan bahwa Kraton Yogyakarta akan tutup untuk kegiatan pariwisata pada hari Rabu (21/11/2018) karena akan diadakannya Upacara Garebeg Mulud, acara Garebeg Mulud akan berlangsung mulai pukul 07.30 WIB.

Wisata akan dibuka kembali pada Kamis (22/11/2018) pukul 08.30-14.00 WIB. 

Garebeg Mulud adalah salah satu upacara yang hingga saat ini rutin dilaksanakan oleh Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kata Garebeg, memiliki arti diiringi atau diantar oleh orang banyak. Hal ini merujuk pada Gunungan yang diiringi oleh para prajurit dan Abdi Dalem dalam perjalanannya dari keraton menuju Masjid Gedhe. Dalam pendapat lain dikatakan bahwa Garebeg atau yang umumnya disebut “Grebeg” berasal dari kata “gumrebeg”, mengacu kepada deru angin atau keramaian yang ditimbulkan pada saat berlangsungnya upacara tersebut.

Grebeg merupakan upacara keagamaan kraton yang di adakan  tiga kali dalam setahun bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad Saw ( Grebeg maulud ), Hari Raya Idul Fitri ( Grebeg Syawal ), Hari Raya Idul Adha ( Grebeg Besar ). Pada hari itu Sri Sultan berkenaan memberi sedekah berupa gunung-gunungan berisi makanan dan lain0lain kepada rakyat. Upacara semacam itu di sertai dengan upacara penembahan Tuhan Yang Maha Kuasa oleh Sri Sultan sendiri di Sitihinggil-Utara dan kemudian pembacaan doa oleh kyai penghulu untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, kagungan agama dan kebahagiaan serta keselamatan kraton, nusa dan bangsa pada umumnya.

info credit : http://henisetiyaningsih.blogspot.com/2013/05/upacara-grebeg-di-jogjakarta.html

                   www.kratonjogja.id

photo credit : IG @kratonjogja

Berita Wisata Event

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat69.53%
Cukup Bermanfaat11.4%
Kurang Bermanfaat3.84%
Tidak Bermanfaat7.17%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 353 Kemarin 210 Bulan Ini 5164 Tahun Ini 71722 Total Pengunjung 91103