Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 11 June 2024 Pawai Alegoris 2024 "Harmony in Old Mataram"
berita

Kemeriahan Pawai Alegoris bersama masyarakat Kotagede

 

Pawai Alegoris “Harmony In Old Mataram” tergelar dengan meriah dan lancar di Kawasan Pasar Kotagede Sabtu (8/6/2024) menarik masyarakat serta wisatawan.

Petunjukkan seni dan kebudayaan dipersembahkan oleh berbagai sanggar sukses menarik perhatian masyarakat Kotagede. Menjunjung tema harmoni di Mataram kuno peserta berlomba tampilkan gelaran yang memukau penonton yang menyaksikan pawai.

Penjabat Wali kota Yogyakarta Ir. Sugeng purwanto, M.M.A turut hadir memeriahkan sekaligus membuka acara Pawai Alegoris sore itu.

Event Pawai Alegoris yang terselenggara di Pasar Kotagede memvisualisasikan sejarah berdirinya Mataram Islam di masa itu yang disajikan oleh berbagai sanggar di Kota Jogja.

“Masyarakat awam bahkan msyarakat kita sendiri mungkin tahunya hanya sejarah Kota Jogja. Padahal kalau diurut jauh ke belakang itu ada sejarah Mataram Islam di Alas Mentaok Kotagede,” ucap Sugeng di depan Pasar Kotagede.

Berdirinya Mataram Islam kala itu bertautan dengan sejarah masa kini. Para keturunannya berpencar dan mendirikan kerajaan masing-masing. Salah satunya adalah Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Sebenarnya sejarah membuktikan, sejarah mengatakan bahwa dari Kotagede inilah Keraton Mataram Hadiningrat ini muncul dan nilai sejarah ini yang harus kita rawat terus," ucap Sugeng.

“Kami berharap di pawai ini kami tidak hanya menampilkan keragaman budaya di Kotagede, tapi sekaligus menyampaikan pesan bahwa Jogja adalah daerah istimewa yang memiliki kreativitas kebudayaan yang tinggi,” ucap Sugeng.

Sugeng berharap masyarakat Kota Jogja dapat terus menjunjung dan melindungi budaya yang dimiliki Kota Jogja. Keberadaan pawai ini yang dimeriahkan oleh kampung, sanggar seni dan seniman diharapkan dapat menampilkan potensi yang dimilki dan dikenal oleh masyarakat luas sampai mancanegara.

Selain sejarah Mataram Islam yang ada di Kotagede,Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, SE.M.M mengatakan ada berbagai kuliner tempo dulu yang bisa dicoba dikawasan Kotagede seperti kembang waru, kipo, dan ukel.

“Produk ekonomi kreatif di Kotagede seperti kuliner roti kembang waru, kipo, dan ukel menjadi salah satu daya tarik yang memiliki nilai autentik dan kelokalan khas Mataram. Ini yang juga kami kenalkan dalam Pawai Alegori di Kotagede,” ungkapnya

Wahyu Hendratmoko, SE.M.M menambahkan secara keseluruhan ada sepuluh situs bersejarah yang peragakan dalam pertunjukan pawai. Seluruhnya merujuk pada kebesaran Kotagede sebagai ibukota Kerajaan Mataram di masa lalu.

“Ada Situs Beteng Cepuri/Bokong Semar, Situs Padas Temanten, Situs Watu Gajah, Situs Nogobondo dan Situs Beteng Peleman yang tampil hari ini. Ada juga Situs Watu Gilang, Situs Sumur Retno Dumilah, Situs Sendang Selirang juga Situs Watu Gatheng. Semuanya ditampilkan dengan kekhasan masing-masing," ungkapnya.

Wahyu Hendratmoko, SE.M.M juga menyampaikan Pawai Alegoris Harmoni di Mataram Kuno tidak hanya sebatas menampilkan kreasi budaya masyarakat tapi sekaligus memperkenalkan destinasi wisata yang ada di wilayah Jogja selatan.

“Jadi acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk menampilkan kreasi budaya masyarakat. Tetapi juga sebagai sarana promosi objek wisata di Yogyakarta, terutama sektor selatan,” ungkapnya lagi.

Wahyu Hendratmoko, SE.M.M berharap adanya Pawai Alegoris dapat mensupport objek wisata di Yogyakarta dapat berkembang lebih baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Jogja.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.87%
Cukup Bermanfaat11.51%
Kurang Bermanfaat3.33%
Tidak Bermanfaat14.29%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1506 Kemarin 2791 Bulan Ini 67319 Tahun Ini 579533 Total Pengunjung 3026044