Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 22 March 2024 Meriah! Ratusan Pelari Ramaikan Tour de Kotabaru 2024, Sport Tourism Unggulan yang Makin Diminati
berita

Ratusan pelari yang berasal dari berbagai wilayah mengikuti Fun Run Tour de Kotabaru 2024 yang dilaksanakan pada Minggu (25/2/2024) pagi pukul 06.15 WIB.

Event yang digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta itu dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo.

Sebelum mengangkat bendera start, Singgih menyampaikan Fun Run Tour de Kotabaru itu turut membantu promosi dari kawasan Kotabaru sebagai destinasi wisata di Yogyakarta.

"Kawasan Kotabaru dan kawasan Sumbu Filosofi, adalah dua destinasi yang kita unggulkan untuk menarik wisatawan," ujarnya.

Menurutnya, dengan hadirnya Tour de Kotabaru 2024 itu dapat mengenalkan kawasan wisata Kotabaru lebih masif lagi ke semua kalangan.

"Sport tourism yang kali ini melalui Fun Run Tour de Kotabaru, kita harapkan diminati dan dikunjungi sehingga mampu mengangkat perekonomian di kota Yogyakarta," ucapnya.

Gelaran Fun Run Tour de Kotabaru itu mengambil rute sejauh 5 kilometer dengan rute mengelilingi kawasan wisata Kotabaru dan kawasan wisata Sumbu Filosofis.

Kotabaru sebagai Kawasan Cagar Budaya (KCB) mempunyai banyak potensi untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Sebagai pemukiman premium Belanda yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII sekitar tahun 1877-1921, kawasan Kotabaru sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas publik yang tertata dengan konsep garden city bergaya arsitektur indis.

Sehingga potensi sejarah dan budayanya mampu menjadi sebuah daya tarik.

Para pelari start dari Dispar Kota Yogyakarta menuju Jalan Jend Sudirman, Tugu Jogja, Jalan Mangkubumi, Jalan Kleringan, Jalan Ahmad Jazuli, Jalan Prau.

Kemudian, Jalan FM Noto, Jalan Yos Sudarso, Jalan Dr Sudiro Husodo, kembali lagi ke Jalan Jend Sudirman dan finish di Dispar Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Daya Tarik Pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Yogyakarta, Yurnelis Piliang menambahkan, Tour de Kotabaru 2024 merupakan gelaran ketiga kalinya.

Gelaran pertama dan kedua dilaksanakan pada tahun 2022 dan 2023 dan waktu itu dilaksanakan pada malam hari di bulan Februari.

"Nah tahun ini karena animo peserta sampai 600 pelari, kami alihkan jadi pagi hari. Kegiatan ini masuk dalam kalender event Kota Yogyakarta," urainya.

Menurutnya, pada Tour de Kotabaru 2024, kegiatan dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu-Minggu (24-25/2/2024).

Selain Fun Run, Tour de Kotabaru juga dimeriahkan dengan beragam kegiatan lain seperti poundfit, walking tour, pesta pelajar dan mahasiswa.

Kontes foto, kelas kecantikan, lomba mewarnai anak, pertunjukan musik hingga bazar UMKM dan ekonomi kreatif.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat73.69%
Cukup Bermanfaat11.99%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat10.92%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1742 Kemarin 3232 Bulan Ini 48961 Tahun Ini 353725 Total Pengunjung 2800236