Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
bambang, 13 March 2024 Sarkem Fest 2024
berita

SARKEM FEST 2024 “KENDURI RUWAHAN APEM”

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata akan menyelenggarakan Sarkem Fest 2024 “Kenduri Ruwahan Apem” tanggal 1-2 Maret 2024. Sarkem Fest tahun ini merupakan yang keenam, sejak tahun 2019. Pada dua tahun pertama, Sarkem Fest diselenggarakan secara gotong royong oleh masyarakat. Sejak tahun 2021 hingga saat ini, Sarkem Fest diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata kolaborasi dengan Kelurahan Sosromenduran, masyarakat, sekolah  dan UJP di kasawan Sosromenduran dan Pasar Kembang. Sarkem Fest mengusung tradisi Ruwahan yang identik dengan apeman yang merupakan tradisi Warga Sosromenduran setiap menjelang Ramadhan.

Panggung Sarkem Fest 2024 akan berlokasi di dua tempat, Pertama di depan Kelurahan Sosrowijayan, kedua, di depan Hotel Patra. Tujuan diadakannya Sarkem Fest adalah promosi potensi pariwisata kawasan Sosrowijayan dan Pasar Kembang dalam rangka untuk memperkuat daya tarik wisata Kota Yogyakarta.

Selama dua hari, Sarkem Fest akan berlangsung pada pukul 08.00 – 22.00 WIB di hari pertama dan pukul 16.00-22.00 WIB di hari kedua. Sarkem Fest dimeriahkan dengan pembuatan apem oleh 54 RT, kirab 7 Gunungan apem dari kelurahan sosromenduran – Jalan Pajeksan – Jalan Pasar Kembang - Jalan Malioboro – kembali ke Kelurahan Sosromenduran di Jalan Sosrowijayan. Dilanjutkan dengan Kenduri Ruwahan Apem di panggung utama depan Hotel Patra, setidaknya terdapat 500 orang yang akan mengikuti Kenduri dengan suguhan takiran nasi gurih ingkung suwir dan minuman wedang seruni. Terdapat 20 booth bazar Ekraf yang akan diisi produk-produk UMKM. Dimeriahkan juga dengan lomba tari antar sanggar.

Penggunaan apem dalam Festival Sarkem bukannya tanpa sebab. Apem dalam tradisi ruwahan dimaknai sebagai bentuk maaf (afwun dari bahasa Arab menjadi apem). Apem yang dikirab nantinya akan didoakan dan dibagikan kepada masyarakat, wisatawan, dan beberapa hotel yang dilewati rute Kirab. Penyerahan apem ini merupakan simbol silaturahmi dan permintaan maaf, sehingga setiap orang akan lebih siap dalam menjalani ibadah selama Ramadhan.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat73.69%
Cukup Bermanfaat11.99%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat10.92%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1608 Kemarin 3232 Bulan Ini 48827 Tahun Ini 353591 Total Pengunjung 2800102