Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 15 Mei 2018 Pasar Tiban Legendaris bulan Ramadhan
berita

Jogja Welcomes You - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan setiap tahunnya. Biasanya pada bulan Ramadhan terdapat kuliner khas yang dijajakan di Pasar Tiban Ramadhan.

Pasar Tiban Ramadhan terdapat di beberapa tempat di Yogyakarta, yang terbesar yaitu Pasar Tiban Ramadhan di Kauman, dan di Jogokaryan. 

Terletak di gang sempit yang lebarnya tak sampai 2 meter, Pasar Kauman selalu ramai diserbu masyarakat dari berbagai penjuru. Sesuai namanya, Pasar Tiban Ramadhan Kauman ini berada di Kampung Kauman, Jl. Ahmad Dahlan, sekitar 80 meter dari titik nol kilometer Jogjakarta. Sekilas, pasar tiban yang sudah ada semenjak tahun 1970-an ini tak berbeda dengan Pasar Tiban Ramadhan lainnya. Namun, jika menyusuri lorong sempit yang terletak di RW 10 hingga RW 13 Kauman ini, akan kita temukan aneka jajanan tradisional yang bakal susah dicari di tempat lain. Sebut saja: clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, semar mendem, serabi kocor, dan kipo. Menu makanan berat yang dijajakan juga tak kalah sangar. Misalnya pecel cap jay, kudapan adaptasi Cap Cay ala Jawa yang disiram bumbu pecel. Bagi yang suka perpepesan, aneka pepes istimewa, dari pepes tahu, tuna, teri, cumi hingga pepes hiu dijajakan dengan harga sekitar Rp 1.500 sampai Rp 15.000;. Untuk yang mencari jajanan “biasa-biasa” saja, jajanan mainstream buka puasa macam kolak, es buah, dan aneka kue basah juga ada.

Tidak kalah ramainya dari Pasar Tiban Kauman, Jogokaryan juga menjadi tempat berburu takjil terfavorit masyarakat Yogyakarta. Pasar Tiban Jogokaryan yang terletak di tengah kampung Jogorkaryan, ini merupakan agenda tahunan di setiap bulan ramadan. Dan yang dijual tidak hanya makanan ,terdapat pakaian,mainan dan masih banyak lagi. Agenda nya pun bermacam-macam seperti Bazar kuliner, pembagian takjil, sholat Tarawih bersama, dan pengajian.

 

foto credit : https://www.google.com/search?q=pasar+tiban+ramadhan+di+jogokaryan&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjXt7ycoofbAhWKLI8KHb7cDaQQ_AUICigB&biw=1603&bih=793#imgrc=2CKAOJt7s5Bx8M:

 

Berita

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.2%
Cukup Bermanfaat11.51%
Kurang Bermanfaat2.93%
Tidak Bermanfaat10.38%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 147 Kemarin 308 Bulan Ini 3403 Tahun Ini 16268 Total Pengunjung 35649