Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 13 March 2023 Kirab Apem Meriahkan Sarkemfest 2023
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta telah menyelenggarakan Festival Sarkem atau Sarkemfest 2023 dimulai dari  tanggal 11 hingga 12 Maret 2023. Festival Sarkem atau Sarkemfest tahun ini merupakan yang kelima, sejak tahun 2019. Pada dua tahun pertama, Festival Sarkem diselenggarakan secara gotong royong oleh masyarakat di wilayah Pasar Kembang. Sejak tahun 2021 hingga saat ini, Festival Sarkem diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah Pasar Kembang dengan sebutan yang lebih akrab yakni Sarkemfest. 

Tujuan diadakannya Sarkemfest 2023 adalah promosi potensi pariwisata kawasan Pasar Kembang dan sekitarnya dalam rangka untuk memperkuat daya tarik wisata Kota Yogyakarta, sehingga menjadi alternatif wisata budaya dan wisata malam hari yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan, dan belanja wisatawan. Sarkemfest 2023  berlokasi di dua tempat, yakni pertama di Jalan Sosrowijayan, dan kedua, di Persimpangan Jalan Malioboro dan Jalan Pasar Kembang (tepatnya di sebelah timur Bank BPD DIY). 

Penyelenggaraan Sarkemfest 2023 ini dimeriahkan dengan kirab apem Ruwahan yang merupakan tradisi warga Sosromenduran setiap menjelang Ramadhan. Penggunaan apem dalam Festival Sarkem bukannya tanpa sebab. Apem dalam tradisi ruwahan dimaknai sebagai bentuk maaf (afwun dari bahasa Arab menjadi apem). Apem yang dikirab kemudian didoakan dan dibagikan kepada masyarakat, wisatawan, dan beberapa hotel yang dilewati rute Kirab. Penyerahan apem ini merupakan simbol silaturahmi dan permintaan maaf, sehingga setiap orang akan lebih siap dalam menjalani ibadah selama Ramadhan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, M.M untuk membuka acara Sarkemfest 2023. “Sarkemfest ini menurut saya adalah mengenai integrasi yang melibatkan semua pihak di dalamnya mulai dari warga, kawasan dan budayanya sehingga bersatu padu menjadi penyangga kawasan Malioboro untuk mendukung pariwisata Kota Jogja. Tidak ada kata lain untuk menggambarkan Sarkemfest ini selain Luar Biasa”.

Selama dua hari, Sarkemfest 2023 akan berlangsung pada pukul 15.00 – 21.00 WIB. Selain dimeriahkan dengan apeman Ruwahan, Sarkemfest 2023 juga dimeriahkan dengan Parade Sarkem Kemilau, yakni kirab apem dari kelurahan sosromenduran – Jalan Pajeksan –Jalan Pasar Kembang - Jalan Malioboro – kembali ke Kelurahan Sosromenduran di Jalan Sosrowijayan. Setidaknya terdapat 300 orang yang mengikuti kirab, terdiri dari bergodo, staf Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, warga Kelurahan Sosromenduran, mahasiswa, dan warga Pasar Kembang.

Setelah selesai kirab, pengunjung dapat menikmati berbagai tenant ekonomi kreatif, pertunjukkan pentas seni Tari Anak Sosro, Tari Nawung Sekar, Modern dance, Tari Cemolo, Tari Dahayu, pentas musik dari Ansamble B4, Band Pasar Kembang, Margasatwa Band, Band Prisos, Band Pajeksan, Neo Hotel Band, Band Pajumonca, orchestra Padmanaba, pojok foto, dan kuliner food truck.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat64.8%
Cukup Bermanfaat10.52%
Kurang Bermanfaat3.08%
Tidak Bermanfaat21.6%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1231 Kemarin 3636 Bulan Ini 90735 Tahun Ini 697742 Total Pengunjung 3144253