Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 22 June 2022 Es Pisang Ijo Baban, Rasa Otentik Makassar di Jogja
berita

Pusat kuliner di Kota Jogja salah satunya berada di area luar Stadion Mandala Krida. Beragam pilihan kuliner baik makanan berat, minuman segar maupun jajanan ringan yang menjadi favorit masyarakat untuk dinikmati pagi, siang maupun malam hari ada disana. Kuliner yang cukup terkenal karena kesegaran dan rasa yang otentiknya adalah Es Pisang Ijo Baban yang berada di sayap barat area luar Stadion Mandala Krida.

Es Pisang Ijo memang berasal dari Makassar, namun penjual Es Pisang Ijo Baban yakni Pak Ari merupakan orang Jogja asli yang sempat merantau lalu membuka usaha kuliner ini. Hasil belajar mengolah kuliner Es Pisang Ijo tersebut kemudian membuahkan hasil karena rasanya yang tidak kalah lezat dengan yang dijual di tempat asalnya. Sehingga warung yang telah dirintis sejak tahun 2008 tersebut sangat dikenal masyarakat maupun mahasiswa perantau yang tinggal di Jogja.

Warung Es Pisang Ijo Baban khas dengan tenda dan gerobak sederhana dengan dekorasi warna hijau yang mudah ditemukan. Warung ini melayani pembelinya mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dengan penjualan rata-rata sehari mencapai 300 porsi es. Menu yang dijual beragam karena selain ada es pisang ijo juga disediakan varian es lainnya yakni Es Kopyor.

Es Pisang Ijo original dijual seharga Rp 11.000 sementara itu Es Kopyor seharga Rp 7.000 per porsi. Khusus menu es pisang ijo terdapat berbagai topping yang dapat dipilih pembeli, antara lain pisang ijo topping meises, pisang ijo topping coklat, pisang ijo topping coco crunch, pisang ijo topping kacang, dan pisang ijo topping keju yang dijual seharga Rp 13.000 per porsi. Bila menghendaki tambahan topping maka pembeli bisa menambah dengan membayar seharga Rp 4.000.

“Ciri khas es pisang ijo kami semua isiannya dibuat sendiri terutama fla yang diolah dari tepung beras dan santan. Sirup kami juga buatan sendiri dari gula, esens, dan pewarna makanan. Pisang hijaunya kami buat dari bahan pisang raja dan lapisan hijaunya dari tepung terigu, tepung tapioka, kental manis. Dan yang menjadi best seller disini adalah es pisang ijo topping coklat.” ujar Pak Ari, penjual Es Pisang Ijo Baban.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75.84%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.23%
Tidak Bermanfaat9.03%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 913 Kemarin 2280 Bulan Ini 19138 Tahun Ini 614413 Total Pengunjung 1370494