Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 06 June 2022 Tirtodipuran Link Pamerkan Karya Seni Rupa Lintas Generasi
berita

Pameran lukisan dan instalasi bertajuk On Connectivity sedang berlangsung di Tirtodipuran Link, Prawirotaman sejak 23 April 2022 lalu, dan akan berakhir pada 12 Juni 2022 mendatang. Pameran yang diadakan di daerah tujuan utama wisatawan ini diinisiasi oleh Kohesi Initiatives bersama 25 perupa lintas generasi dan latar belakang

“Tujuan diadakannya pameran ini adalah menggarisbawahi hubungan manusia dan berbagai subjek di sekitar mereka seperti kesadaran kolektif, habitat, sejarah, dan alam semesta. On Connectivity menampilkan lebih dari 30 karya dengan berbagai teknik dan medium eksploratif yang berperan sebagai lapisan hubungan antara galeri, perupa, dan audiens.” ujar Aya Ketua Penyelenggara Pameran On Connectivity.

Rifda Amalia, sang penulis pameran memaparkan lima subjudul yang mengelompokkan makna dari berbagai karya yang dipamerkan. Mengekspresikan Kesadaran Kolektif, Menghuni Ruang dan Lingkungan, Mengamati Perubahan dalam Waktu, Berkomunikasi dengan Kosmos, dan Terlibat dengan Audiens; masing-masing menitikberatkan pada kecenderungan perupa dalam memahami, memaknai, hingga mengekspresikan ragam hubungan manusia dengan orang lain, waktu, hingga persoalan kontemporer.

Karya seni rupa yang ditampilkan salah satunya karya perupa Citra Sasmita, seri Ghost of Paradise, membayangkan kontekstualisasi ulang Kakawin Bali dengan menceritakan ritus peralihan, dan perang dengan perempuan sebagai karakter utamanya.

Selain itu terdapat juga karya-karya dari perupa Abenk Alter, Addy Debil, Agugn, Andy Dewantoro, Bunga Yuridespita, Citra Sasmita, Darbotz, Dede Cipon, Dian Suci Rahmawati, Dwiky KA, Eddy Susanto, Enka Komariah, Erwin Windu Pranata, Etza Meisyara, Evi Pangestu, Farley Del Rosario, Fatoni Makturodi, I Made Agus Saputra, Ipeh Nur, Jim Allen Abel, Laksamana Ryo, Mr. S (Mark Santos), Mujahidin Nurrahman,  Rendy Raka Pramudya, dan Riono Tanggul.

Karya-karya ini  menampung berbagai makna hubungan yang kemudian membentuk pengetahuan dan menjadi titik berangkat manusia dalam memahami dunia. Setiap karya ditujukan untuk membuka ruang tanpa batas yang membuat audiens menjalin hubungan dengan karya, dan selanjutnya dengan perupa, tanpa kesalahpahaman.

Pameran On Connectivity dibuka untuk umum mulai pukul 12.00 hinggal 19.00 WIB dengan ketentuan tutup di hari Senin. Bagi yang berminat mengunjungi dapat langsung datang ke Tirtodipuran Link, Jl. Tirtodipuran No. 50, Yogyakarta, Indonesia 55143, dengan harga tiket masuk per orang Rp 20.000 . Selain mengunjungi pameran, terdapat pelayanan Gallery Tour yang diadakan setiap hari Selasa hingga Kamis pukul 14.00 WIB. Khusus untuk Gallery Tour, pemesanan via IG official @kohesi.initiatives .



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77.54%
Cukup Bermanfaat12.46%
Kurang Bermanfaat3.3%
Tidak Bermanfaat6.7%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 391 Kemarin 1749 Bulan Ini 391 Tahun Ini 256554 Total Pengunjung 1012635