Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 18 May 2022 Kolaborasikan Kain Jumputan dan Ulos, Kampung Wisata Tahunan dan Kampung Toba Resmi Jadi Mitra
berita

Kampung Wisata Tahunan menerima kunjungan kehormatan dari Pemerintah Kabupaten Toba, Samosir dan Tapanuli Utara hari ini Rabu, 18 Mei 2022. Pertemuan yang menindaklanjuti kerjasama antara dua kampung wisata ini dihadiri oleh Walikota Yogyakarta Drs.Haryadi Suyuti, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, M.Sc, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, M.M., serta Asisten Setda Kabupaten Tapanuli Utara Marihot Simanjuntak, ST, M.Sc. mewakili Bupati Tapanuli Utara.

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Toba, Samosir serta Tapanuli Utara dalam kesempatan tersebut meresmikan sebuah program kolaborasi di antara Kampung Tahunan dengan Kampung Toba yang sama-sama memiliki potensi produk kain nusantara. Kampung Wisata Tahunan yang merupakan Sentra Batik dan Kain Jumputan dipilih untuk berkolaborasi dengan Kampung Toba dengan produknya yakni Kain Ulos.

Acara yang bertajuk Launching Kampung Wisata Tahunan Mitra Kampung Wisata Danau Toba ini dibuka dengan suguhan tarian penyambutan dan pengalungan kain jumput kepada tamu. Pada kesempatan tersebut secara simbolik disematkan jaket batik jumputan, dilanjutkan dengan pembukaan selubung logo kerjasama antara Kampung Wisata Tahunan dan Kampung Toba, dan penandatanganan prasasti peresmian oleh Walikota Yogyakarta dan seluruh Bupati dan perwakilannya dari Kabupaten Toba, Samosir dan Tapanuli Utara.

“Kesan kunjungan ke Jogja dan Kampung Wisata Tahunan bagi kami rombongan dari Toba, Samosir dan Tapanuli Utara adalah keramahan yang luar biasa. Harapan kami jalinan kerjasama antara dua kampung Tahunan dan Toba ini mampu membawa manfaat secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat baik di Kota Jogja, maupun Kabupaten Toba, Samosir dan Tapanuli Utara.” Ungkap Bupati Toba dalam kesempatan sambutan bersama di atas panggung kehormatan.

Kerjasama dan kolaborasi antara Kampung Wisata Tahunan dan Kampung Toba nantinya tidak hanya sebatas memotivasi pelaku industri kain tradisional untuk semakin meningkatkan jejaring kemitraan dan mengembangkan produk secara kolaboratif. Kerjasama antara dua daerah dengan kemiripan secara geografis dimana Kampung Toba dan Kampung Tahunan merupakan kampung yang relatif dekat pada destinasi wisata super prioritas nasional, yakni Danau Toba dan Candi Borobudur ini juga memiliki tujuan menjadikan keduanya sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.

Terlebih leh karena itu, kerjasama antar daerah ini menjadi program strategis bagi kampung wisata untuk memperkenalkan kain tradisional Indonesia atau kain nusantara kepada wisatawan domestik, maupun mancanegara. Nantinya di masa mendatang kerjasama antara dua daerah ini diharapkan dapat mengantarkan kain nusantara menjadi elemen penting dari kebudayaan Indonesia serta menjadi bentuk promosi pariwisata.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77.54%
Cukup Bermanfaat12.46%
Kurang Bermanfaat3.3%
Tidak Bermanfaat6.7%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 439 Kemarin 1749 Bulan Ini 439 Tahun Ini 256602 Total Pengunjung 1012683