Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 28 March 2022 Car Free Day Tandang Jogja Kreatif 'Nguri-uri' Tradisi Apeman
berita

Masyarakat Kota Yogyakarta memeriahkan car free day Minggu pagi 27 Maret 2022 yang diadakan Pemerintah Kota Yogyakarta di Jalan Jenderal Sudirman. Kegiatan yang mengusung brand terbaru yakni “Tandang Jogja Kreatif” itu juga menggandeng produk UMKM dan Komunitas di Kota Yogyakarta sebagai peserta kegiatan.

“Tandang Jogja Kreatif sebagai bentuk usaha bangkit dan melakukan pemulihan serta memberi rasa percaya diri kepada pelaku wisata di Jogja. Tarian Kelana Raja di pembukaan acara  melambangkan Jogja yang sedang menghias diri untuk menarik orang datang karena Jogja siap menyambut wisatawan. Semoga dengan upaya ini ekonomi dan ativitas sosial Jogja perlahan dapat pulih kembali.” papar Heroe Purwadi, M.A. Wakil Walikota Yogyakarta dalam kesempatan membuka acara Tandang Jogja Kreatif.

Bulan Maret dipilih sebagai waktu penyelenggaraan yang tepat karena memiliki banyak makna bagi masyarakat Yogyakarta. Peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949, bertepatan juga dengan Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X yang beririsan pula dengan bulan Ruwah (Penanggalan Jawa) dimana masyarakat masih melestarikan tradisi leluhur yaitu Apeman, merupakan momentum Tandang Jogja Kreatif untuk mangayubagya dan nguri-uri momen besar tersebut.

Tradisi Apeman inilah yang menjadi highlight dalam Car Free Day Tandang Jogja Kreatif. 7 titik pembuatan apem secara live cooking oleh Apeman Mangkukusuman disebar di area Jalan Sudirman yang dipadukan dengan stand produk UMKM/Komunitas. Masyarakat bersama Wakil Walikota Yogyakarta dengan penuh sukacita mengabadikan momen budaya tradisional Jogja tersebut dengan ikut memasak dan menikmati apem selagi hangat.

Tandang Jogja Kreatif memberi ruang bagi masyarakat untuk bertemu dan sebagai ajang untuk saling sapa berbagai elemen ekosistem Kota Yogyakarta. Pengisi acara yang terdiri dari komunitas sepeda, komunitas tanaman hias, Mangkukusuman football club, Talkshow Radio Sonora FM, Gender Corner, Dinas P3AP2KB, dan 40 UMKM yang berasal dari 10 UMKM Gondokusuman , 10 UMKM Tegalrejo, 15 UMKM tingkat Kota Yogyakarta, dan 5 rintisan binaan Dinas P3AP2KB memeriahkan acara dengan mendirikan stand-stand menarik.

Rangkaian acara car free day Tandang Jogja Kreatif berlangsung dari pukul 6 hingga 9 pagi dengan persembahan produk dan penampilan kreatif dari masyarakat. Komunitas Fun Football, Mangkukusuman FC menampilkan  'Balbalan ning-Ratan'  yang diselingi games berhadiah sebagai permulaaan acara yang meriah.

Jogja Folding Bike memikat perhatian pengunjung yang mayoritas penyuka kegiatan bersepeda dengan kegiatan sharing tips ganti ban sepeda darurat jika saat touring tidak bertemu bengkel. Sementara itu Fashion Show "Viantary Modeling School" mempertunjukkan koleksi fashion batik shibori dengan tema Gemah Ripah Loh Jinawi oleh model remaja dan anak-anak yang berjalan bak model professional penuh semangat.

Radio Sonora FM dan Gender Corner menambah variasi acara yang dapat dipilih oleh pengunjung dengan menyelenggarakan talkshow. Sementara itu, penampilan Keroncong Sekar Pace Ledok Tukangan dan Tari Sanggar Anak serta Line Dance memeriahkan acara melalui penampilan tari dan lagu yang menambah semangat di pagi hari dengan gerakan dan suara yang atraktif dari para senimannya.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77%
Cukup Bermanfaat12.66%
Kurang Bermanfaat3.31%
Tidak Bermanfaat7.04%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 902 Kemarin 769 Bulan Ini 35756 Tahun Ini 206457 Total Pengunjung 962538