Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 17 March 2022 Workshop Sadar Wisata Perluas Wawasan Tata Kelola Kampung Wisata Bagi Pengurus
berita

Kampung wisata di Kota Yogyakarta memiliki potensi masing-masing yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. Perlunya kesadaran warganya akan potensi tersebut kemudian menjadi hal yang penting agar dapat diolah menjadi atraksi wisata khas di setiap Kampung wisata. Menindaklanjuti hal tersebut Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Sadar Wisata bagi pengurus 18 Kampung Wisata di Abadi Hotel Malioboro Jogja hari ini Kamis 17 Maret 2022.

Workshop yang diikuti peserta dari pengurus Kampung Wisata Tahunan, Warungboto, Rejowinangun, Sayidan, Dipowinatan, Dewa Bronto, Kadipaten, Tamansari, Niti Gendongkiwo, Sosromenduran, Kauman, Pakualaman, Becak Maju, dan Cokrodiningratan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heru Poerwadi, M.A.

“Beberapa yang harus diperhatikan oleh pengurus adalah hal-hal yang kurang dari Kampung Wisata sebagai destinasi wisata. Kemudian kampung Wisata harus bisa diakses di mana saja agar bisa memperluas informasi mengenai pariwisata Kota Yogyakarta. Selain itu Kampung Wisata juga perlu bekerja sama dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan yang dibutuhkan untuk aktivitas wisata disana.” ujar Wakil Walikota Yogyakarta Heru Poerwadi, M.A.

Menjawab pesan dari Wakil Walikota Yogyakarta, narasumber yang diberi mandat untuk membuka wawasan para pengurus Kampung wisata menyampaikan materi mengenai cara mengelola kampung wisata. Kristian Oentoro S.Ds., M.Ds Dosen Universitas Kristen Duta Wacana pada kesempatan tersebut memberikan materi tentang Pemaketan Wisata dengan Mensinergikan Potensi Antar Kampung Wisata di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Ike Janita Dewi, Ph.D Dosen Universitas Sanata Dharma memberikan materi Strategi Pengembangan Kampung Wisata yang Berdaya Saing bagi seluruh pengurus Kampung wisata di Jogja untuk bekal pengetahuan mengelola potensi mereka. Kedua materi tersebut dipandang penting bagi kampung wisata yang sudah lama berjalan dan membutuhkan kebaruan cara pengelolaan maupun embrio kampung wisata atau kampung wisata yang masih baru.

Antusias pengurus kampung wisata dalam workshop Sadar Wisata diperlihatkan melalui sesi diskusi dan tanya jawab. Keseluruhan paparan dan hasil diskusi narasumber dengan pengurus Kampung wisata Jogja tersebut kemudian diharapkan memberikan arah bahwa peran Kampung Wisata adalah hal yang penting dalam memulihkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan wisata.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77%
Cukup Bermanfaat12.66%
Kurang Bermanfaat3.31%
Tidak Bermanfaat7.04%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 812 Kemarin 769 Bulan Ini 35666 Tahun Ini 206367 Total Pengunjung 962448