Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 15 March 2022 Pameran Serangan Umum 1 Maret Dalam Daulat Dan Ikhtiar Rakyat Yogyakarta
berita

Memperingati sejarah perjuangan rakyat Yogyakarta dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 silam, Museum Benteng Vredeburg bekerjasama dengan seniman dari ISI Yogyakarta menyelenggarakan pameran temporer bertajuk Daulat & Ikhtiar : Memaknai Serangan Umum 1 Maret 1949 Melalui Seni.

Menyajikan nuansa baru pada pameran tahun ini, seniman-seniman yang terlibat membuat replika berbagai benda, suasana, atribut pejuang, hingga simbol-simbol yang menggambarkan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949.

"Pameran Daulat & Ikhtiar berbeda dengan tahun sebelumnya. Pameran dikemas sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat menikmati pembelajaran sejarah perjuangan rakyat merebut kemerdekaan dalam serangan umum 1 maret dalam bentuk seni yang edukatif. Pameran yang terinspirasi dari monumen umum 1 maret di titik nol km ini menyimbolkan 5 peran penyokong perjuangan saat peristiwa serangan umum 1 maret, yakni tentara, pelajar, wanita, petani dan rakyat sipil." tutur Jauhari, Ketua Panitia Pameran Daulat & Ikhtiar.

Di ruang Sultan Agung Benteng Vredeburg ini dipamerkan karya seni lukisan, patung, instalasi, video, dan seni virtual oleh seniman Dedy Sufriadi, Lutse Lambert, Riyan Kresnandi, Tempa, dan Broken Pitch.

Melalui karya seni tersebut pengunjung akan diperlihatkan sejarah serangan umum 1 maret yang melibatkan banyak peran dari berbagai pihak, baik peran TNI, peran pemuda dan laskarnya, peran pelajar yang kala itu harus menutup bukunya untuk terjun berperang, juga para wanita yang ikut berperang di garda terdepan maupun dapur darurat, serta peran rakyat yang bergerilya mendukung TNI saat berperang.

Pesan yang kemudian diharapkan sampai adalah bahwa keberhasilan Serangan Umum ini merupakan hasil ikhtiar bersama kala itu dalam meraih kedaulatan Indonesia serta membuktikan eksistensi Indonesia di mata dunia.

Pengunjung dapat menikmati karya seni pada pameran Daulat & Ikhtiar setiap hari Selasa s/d Minggu pada pukul 08.00 s/d 15.00 WIB hingga nanti tanggal 30 Maret 2022. Pameran tutup hanya pada hari Senin dan hari libur nasional, dan pengunjung hanya akan dikenai biaya masuk museum Benteng Vredeburg sebesar Rp 3.000 untuk menikmati dan mengabadikan momen pameran yang estetik serta sarat akan nilai sejarah Yogyakarta tersebut.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat77%
Cukup Bermanfaat12.66%
Kurang Bermanfaat3.31%
Tidak Bermanfaat7.04%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 956 Kemarin 769 Bulan Ini 35810 Tahun Ini 206511 Total Pengunjung 962592