Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 11 November 2021 Pelaku Pariwisata Siapkan Strategi Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Pasca Pandemi
berita

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyelenggarakan Forum Group Discussion Analisis Jumlah Kunjungan Wisatawan Kota Yogyakarta Tahun 2021 sesi II hari ini Kamis 11 November 2021. FGD ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan serta lama tinggal wisatawan yang kemudian dimaksimalkan dengan besarnya belanja wisatawan.

FGD siang itu dihadiri oleh Nurcahyo Nugroho anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Prasetyo General Manager Hotel Cavinton, Jogja Training Center (JTTC), Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta, ASITA DIY, PHRI DIY, HPI DIY dan perwakilan dari Forum Kampung Wisata Kota Yogyakarta. Forum Group Discussion Kajian Analisis Jumlah Kunjungan Wisatawan Kota Yogyakarta Tahun 2021 sesi II melanjutkan penghimpunan data potensi angka wisatawan yang berkunjung selama satu tahun sehingga dapat dipersiapkan sarana prasarana pelayanan kepariwisataan yang memadai, selain itu juga bermanfaat untuk menentukan strategi promosi pariwisata yang tepat sesuai trend akses informasi masyarakat. 

"Sejak awal Bulan Oktober geliat pariwisata di Kota Yogyakarta menunjukkan kondisi yang cukup menggembirakan. Hal tersebut tampak dari tingkat okupansi hotel yang mencapai angka 90% di akhir minggu, tempat-tempat kuliner juga ramai dan destinasi wisata banyak dikunjungi wisatawan. Dalam tahap menuju pasca pandemi upaya-upaya untuk mengembangkan industri pariwisata membutuhkan langkah-langkah yang strategis. Melalui FGD pada siang hari ini semoga dapat diformulasikan bersama upaya-upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta sehingga dapat menggerakkan perekonomian dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat." ujar Wahyu Hendratmoko, S.E., M.M.

Pada sesi diskusi muncul berbagai pendapat dari peserta FGD yang berasal dari ASITA, BAPPEDA Kota Yogyakarta, Badan Pusat Statistik dan Forum Kampung Wisata. Beberapa diantaranya adalah Perlunya menentukan kembali metode paling efektif untuk menghitung jumlah wisatawan mancanegara khususnya yang masuk dan tinggal di Kota Yogyakarta. Kemudian di sisi kesiapan destinasi wisata wilayah seperti kampung wisata dirasa perlu ada persiapan lebih lanjut agar fasilitasnya lengkap dan pemasarannya lebih gencar melalui media sosial. Sementara Forum Komunikasi Kampung Wisata Kota Yogyakarta menyampaikan harapan besar bahwa kunjungan dan menginapnya wisatawan ke kampung wisata dapat terealisasi di tahun mendatang saat kondisi sudah lebih aman.

Rekomendasi yang diberikan dari Jogja Tourism Training Centre untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta terdiri dari beberapa poin yang disampaikan dalam FGD siang itu. Diantaranya dalam hal aksesibilitas adalah percepatan realisasi jalur tranportasi bandara Yogyakarta International Airport ke Jogja-Solo-Semarang, Pembukaan direct flight, Perluasan transportasi publlik seperti TransJogja, dan Percepatan pembangunan Jalur Lingkar Selatan. Sementara dalam hal persiapan destinasi wisata rekomendasi yang diberikan antara lain Peningkatan kualitas layanan wisata, Peningkatan produk dan citra wisata serta penguatan dan penataan kelembagaan pariwisata.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.03%
Cukup Bermanfaat12.73%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat5.84%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1675 Kemarin 1598 Bulan Ini 50617 Tahun Ini 271557 Total Pengunjung 713328