Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 10 November 2021 Kehangatan dan Harmony Menjadi Jiwa Dalam Logo Kampung Wisata Tamansari
berita

Selasa, 9 November 2021 Dinas Pariwisata Yogyakarta bersama Kampung Wisata Tamansarimengadakan Launching Logo dan Branding kampung wisata Tamansari yang diselenggarakan di Plaza Ngasem.

Tujuan dari diadakannya branding ini adalah dapat meningkatkan greget bagi pengelola Kampung Wisata Taman Sari dalam memasarkan potensi wisatanya. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Yogyakarta, serta masyarakat sekitar.s Acara ini dibuka dengan tari - tarian dan ditutup dengan persembahanterakhir tarian dolanan anak. 

“Branding atau logo ini memiliki makna yang mencerminkan kehangatan dan harmoni, artinya siapapun yang berkunjung ataupun beraktivitas di Kampung Wisata Tamansari mendapatkan angin segar dan merasa nyaman dengan fasilitas serta pelayanan pengelola kampung wisata” tutur Kadri Renggono Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Yogyakarta

Mengingat kondisi Kota Yogyakarta yang merupakan wilayah perkotaan, maka diperlukan kegiatan brandingurban tourism. Urban tourism diangkat dengan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh kampung-kampung di Kota Yogyakarta, sehingga menghasilkan kampung tematik sebagai atraksi baru dalam pariwisata di Kota Yogyakarta yang baru dan inovatif. 

Adanya potensi pada urban tourism di Kota Yogyakarta, maka diperlukannya suatu kajian untuk menentukan strategi dalam meningkatkan brandingterhadap tempat wisata yang ada di daerah perkotaan seperti Kota Yogyakarta..

Secara bertahap Dinas Pariwisata akan melakukan kajian branding terhadap 17 kampung wisata di Kota Yogyakarta. Mulai tahun ini Kampung Wisata Taman Sari yang mengawalinya. Dari beberapa pilihan logo dan tagline, kemudian direkomendasikan 1 logo dan 1 tagline yang paling sesuai dengan keberadaan kampung wisata Taman sari.

Logo dibuat menjadi dua jenis dengan bahasa indonesia dan inggris. Logo Kampung Wisata Taman Sari merepresentasikan Taman sari sebagai destinasi wisata yang berskala internasional. Warganya memiliki skill berbahasa asing, berbudaya lokal dan keahlian seni yang dapat menarik perhatian wisatawan. Begitu pula bangunan bersejarah Istana Air Tamansari yang menarik bagi wisatawan baik nusantara maupun mancanegara karena keunikan dan nilai sejarah yang dimilikinya.

Sementara tagline Warmth and Harmony memilik arti tersendiri.  Warmth memiliki pengertian kehangatan. Kata tersebut dihadirkan untuk menggambarkan iklim relasi yang dibangun oleh komunitas Taman Sari manakala bersentuhan dengan wisatawan. Berbagai tipe wisatawan berkeinginan kuat untuk kembali lagi berwisata ke Kampung Wisata Taman Sari dikarenakan merindukan kehangatan yang ditawarkan pada setiap jenis wisata yang ada di lingkungan Kampung Wisata Taman Sari.

Harmony memiliki pengertian keserasian. Serasi yang dimaksudkan adalah perpaduan antara kekuatan tradisi lokal dan modernisasi dalam satu Kawasan Kampung Wisata Taman Sari. Di kampung Taman Sari selain masih kuat tradisi membatiknya, dipadu juga dengan keberadaan kampung cyber. Keduanya melebur menjadi kreasi wisata yang saling melengkapi sekaligus menjadi daya tarik yang khas dari Kampung Taman Sari.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.03%
Cukup Bermanfaat12.73%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat5.84%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1728 Kemarin 1598 Bulan Ini 50670 Tahun Ini 271610 Total Pengunjung 713381