Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 25 October 2021 Car Free Day Alternatif Kegiatan Akhir Pekan di Masa Pandemi
berita

Akhir pekan menjadi hari libur yang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berbagai kegiatan menarik. Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan di pagi hari. Hari Minggu pada 24 Oktober 2021, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan event yang bertajuk Car Free Day Sudirman on Jogja Kreatif yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman. Dimulai sejak pukul 6.00 WIB, para pengunjung berdatangan silih berganti hingga selesainya acara pada pukul 8.30 WIB. 

Acara dibuka oleh penampilan line dance dengan aksi yang menarik perhatian berkat kostum berwarna pink menyala dari anggota United Line Dance yang enerjik dan penuh semangat. Penampilan fashion show karya butik Batik Bunda bertema “Lurik Menarik” yang apik diperagakan oleh gabungan model cantik dari berbagai agensi di Kota Jogja membuat kagum seluruh pengunjung yang melihatnya. 

Sambil menikmati penampilan pengisi acara, pengunjung juga dapat menikmati beragam stand produktif kreatif dari perwakilan 10 UMKM di Jogja. Di antaranya adalah dari Jamu Kunyit Asam, Sirup Markisa, Nasik Tumpang dan pecel, Idayu Craft, Oleole Jogja, Pawon Gotro, butik Tresno Shibori, Pernikraya Mainan Djadoel, Sri Lestari Kuliner Terban, Klitren Nier Aksesoris, Ecoenzym GK dan Kopi Tugu Ireng di sepanjang Jalan Jendral Sudirman. 

Pengunjung aktif ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini dengan turut serta membawa hewan peliharaan kesayangannya untuk menikmati Car Free Day, selain itu pengunjung juga dapat berfoto bersama maskot Garuda yang membawa sepeda onthel unik. Maskot ini dihadirkan untuk menyambut hari Sumpah Pemuda yang menggelora sebagai semangat muda bangsa Indonesia.

Pengunjung yang akan memasuki area car free day harus memenuhi persyaratan sudah vaksin minimal dosis pertama, anak usia dibawah 12 tahun wajib didampingi orang tua, serta memiliki kondisi tubuh yang sehat. Jika pengunjung membawa sepeda atau kendaraan lainnya dapat parkir di area yang telah disediakan, kemudian pengunjung dapat memasuki area car free day melalui pintu barat atau pintu timur dengan menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama, pengunjung dipersilahkan untuk mencuci tangan dan yang terakhir cek suhu tubuh. 

“Setelah sekian lama car free day terakhir dilaksanakan bulan Juli 2021 lalu, kami bersyukur karena Jogja sudah berada di level 2 dan diperbolehkan melaksanakan kembali CFD di Jalan Sudirman. Semoga kegiatan ini dapat memberi suntikan semangat kembali terutama bagi pelaku bisnis kreatif di Kota Jogja yang kini kami beri ruang untuk memamerkan karya-karyanya.” ujar Wahyu Hendratmoko, S.E.,M.M selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Setelah menjelajahi setiap sudut di Jalan Jendral Sudirman, pengunjung dapat menikmati kopi gratis sembari menyaksikan penampilan musik yang meriah dari Extravagongso sebagai penutup rangkaian acara Car Free Day. Extravagongso secara totalitas menghibur dengan paduan musik gamelan dan instrument modern melalui cover lagu jawa yang hits seperti Mendung Tanpo Udan, Ojo Nangis dan Angel. 

Pada kesempatan yang sama pula, dilakukan penyerahan sepeda kepada 14 pemenang komentator terbaik pada event WJNC#6 yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, M.A.

Meskipun diadakan dalam kondisi pandemi, acara Car Free Day mendapat dukungan serta apresiasi dari Wakil Walikota Yogyakarta. “Kegiatan pada pagi hari ini car free day adalah upaya kita untuk membangunkan kembali semangat masyarakat menginisiasi pada seluruh masyarakat bahwa kita sudah bisa melakukan aktivitas meskipun dengan keterbatasan, tujuannya adalah untuk memulihkan ekonomi” tutur Drs. Heroe Poerwadi, MA dalam sambutannya. Acara ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen terhadap pemulihan ekonomi disaat pandemi dengan menjalankan protokol kesehatan yang baik dan dapat menjadi acuan untuk event-event selanjutnya.

 



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.03%
Cukup Bermanfaat12.73%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat5.84%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1678 Kemarin 1598 Bulan Ini 50620 Tahun Ini 271560 Total Pengunjung 713331