Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyelenggarakan Forum Group Discussion Kajian Analisis Lama Tinggal WisatawanKota Yogyakarta Tahun 2021 hari ini Selasa 19 Oktober 2021.FGD ini bertujuan untuk mengetahui lama tinggal wisatawansebagai indikasi tingkat kepuasan wisatawan wisatawanterhadap kualitas daya tarik wisata dan potensi untuk berkunjungkembali.
“Lama tinggal wisatawan perlu terus ditingkatkan untukmemperbanyak belanja wisatawan yang pada akhirnya akanmendongkrak perekonomian masyarakat. Melalui FGD padasiang hari ini semoga dapat diformulasikan bersama upaya-upaya untuk memperkuat kualitas destinasi, industri dankelembagaan kepariwisataan Kota Yogyakarta.”papar WahyuHendratmoko, S.E, M.M Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam laporan kegiatan.
Bertempat di h-Boutique Hotel Sagan, pada kesempatan tersebuthadir Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti untuk membukadan memberi sambutan. Bersama narasumber Susanto DwiAntoro dan Dra.Rini Hapsari Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, FGD siang itu diikuti oleh peserta dari ASITA DIY, PHRI DIY, HPI DIY dan perwakilan dari Kampung Wisata Kota Yogyakarta.
“Kajian analisis ini perlu dibahas secara serius, karenamempunyai efek lanjutan pada pengembangan dunia pariwisataKota Yogyakarta . Lama tinggal wisatawan menjadi hal yang penting saat diikuti dengan spending money oleh wisatawan. Berkaitan dengan hal tersebut kegiatan wisata harus ada what to see, what to eat dan what to buy. FGD ini harus fokus pada haldi atas sehingga wisatawan mendapat informasi apa saja yang dapat dilakukan di sekitar hotel tempat mereka tinggal.” terangH. Haryadi Suyuti.
Forum Group Discussion Kajian Analisis Lama TinggalWisatawan Kota Yogyakarta Tahun 2021 terutama membahaskapasitas akomodasi, infrastruktur, diversifikasi kampung asliJogja, untuk bisa dimanfaatkan untuk menjadi diferensiatorsekaligus keunggulan kompetitif Jogja sebagai magnet wisatawan. Sehingga dalam FGD ini output yang ingin dicapaiadalah identifikasi faktor-faktor kunci dalam pemetaan Length of Stay, baik berdasarkan asal, tujuan, motivasi, habit, dan lain sebagainya dari pada wisatawan.