Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 17 October 2021 Sekati Ing Mall Obati Rindu Pada Pasar Rakyat Sekaten
berita

Memasuki bulan Mulud dalam kalender Jawa terdapat peringatan yang begitu ditunggu masyarakat Jogja bernama Sekaten. Selama kurang lebih 2 tahun belakangan dalam masa pandemi Sekaten dilaksanakan hanya di dalam Keraton Yogyakarta. Pasar Rakyat yang biasanya disambut gembira oleh masyarakat tersebut akhirnya kembali dapat dilaksanakan dalam bentuk unik dan berbeda tahun 2021 ini.

 

Dimulai pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021 lalu dna akan terus berjalan hingga nanti 18 Oktober 2021 Sekaten yang di re-branding dengan nama Sekati Ing Mall YK terlaksana di tiga tempat terpisah. Suasana pasar rakyat yang telah lama dirindukan tersebut dibentuk menjadi sebuah pameran produk UMKM, festival kuliner, Fashion show, workshop, live music dan pertunjukkan tarian tradisional. 

 

Diinisiasi langsung oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, acara Sekati Ing Mall YK dibuka di 3 mall Jogja yakni Malioboro Mall, Lippo Mall,dan Galeria Mall. Sekati Ing MallYK diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta sebagai penyelenggara bersama Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

 

Selama 5 hari kegiatan Sekati in Mall bertujuan memulihkan kembali perekonomian dan pariwisata Jogja melalui ekonomi kreatif. Mall yang menjadi lokasi terpilih dipertimbangkan dengan matang karena telah memiliki sertifikat CHSE dan dapat dimasuki dengan protokol kesehatan ketat melalui aplikasi Peduli Lindungi. 

 

“Sekati Ing Mall YK adalah sebuah ide kreatif yang mencoba mentransformasi penyelenggaraan pasar malam sekaten yang selama pandemi hanya dapat dilaksanakan secara ritual di dalam keraton. Kita mengaplikasikan Tanggap yakni mampu merespon pemulihan keadaan dengan baik, Tanggon yang berarti mengembangkan solusi bagi persoalan ekonomi agar pulih kembali, dan, Tuwuh yakni bersama menata agar pertumbuhan ekonomi dan pariwisata ini terjaga tanpa mengabaikan protokol kesehatan.” Jelas Heroe Poerwadi Wakil Walikota Yogyakarta pada acara Sekati Ing Mall YK.

 

Kemeriahan terasa karena kegiatan ini didukung oleh seluruh jajaran kemantren, OPD serta pejabat pemerintahan dalam pelaksanaan acara salah satunya peragaan busana kreasi UMKM. Kegembiraan lain yang dibagikan dalam kesempatan tersebut salah satunya pengumuman kampung wisata yang mampu meraih sertifikat penghargaan dari Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf Republik Indonesia.

Manfaat penyelenggaraan Sekati Ing Mall terutama dirasakan langsung oleh pesertanya yang berasal dari penggiat UMKM di seluruh Kota Jogja, seniman tari dan musik, usaha kuliner yang terfasilitasi dalam usaha bangkit setelah pandemi. Masyarakat Jogja melalui media sosial masing-masing pun menggaungkan kegiatan Sekati Ing Mall YK sehinggal menjadi trending selama pekan kegiatan berlangsung.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.03%
Cukup Bermanfaat12.73%
Kurang Bermanfaat3.41%
Tidak Bermanfaat5.84%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1708 Kemarin 1598 Bulan Ini 50650 Tahun Ini 271590 Total Pengunjung 713361