Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 06 October 2021 Soto Sampah Gurih Berlimpah Gajih dan Koyor
berita

Ketika mendengar kuliner soto, pasti banyak dari kita akan membayangkan tentang hangatnya kuah yang berpadu dengan nasi ditambah potongan daging dan tauge serta pelengkap lainnya. Kuliner ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, karena beberapa daerah memiliki kuliner soto khasnya sendiri, khususnya kota Yogyakarta.

 Dari berbagai macam kuliner soto yang ada di Yogyakarta, terdapat salah satu soto yang unik, yaitu Soto Sampah.  Satu porsi soto ini terdiri dari irisan kol, tauge, bihun, dan daging gajih dengan siraman kuah soto yang menyegarkan. Mungkin banyak orang yang belum tahu akan jijik ketika mendengar nama “Soto Sampah”. Sebenarnya, soto sampah ini adalah anggapan yang diberikan pelanggan untuk kuliner ini yang memiliki topping daging gajih dan koyor (lemak sapi) dengan jumlah banyak dan terlihat seperti “sampah”. Jangan salah, meskipun namanya terkesan jorok, namun rasanya tidak kalah nikmat dengan kuliner soto yang lain.

Kuliner ini sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan. Lokasi pusatnya terdapat di Jl. Kranggan No. 1, Pertigaan depan SPBU Tugu. Tempat ini berdiri sejak tahun 1970. Saat ini, soto sampah sudah memiliki cabang di Alun-alun Utara, timur Keraton Yogyakarta. “Soto Sampah cabang Alun-alun Utara, warung ini sudah buka sejak 7 tahun yang lalu. Satu porsi soto sampah dibanderol dengan harga Rp.8.000,00 saja. Sebagai pendamping ada juga berbagai macam sate seperti usus, ati ampela, kulit dan daging ayam”, terang Pak Timbul salah seorang karyawan.

Berbeda dengan kuliner soto lain yang diburu dari pagi hingga siang hari, soto sampah banyak dicari ketika malam hari. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba kuliner unik ini?



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.89%
Cukup Bermanfaat11.78%
Kurang Bermanfaat3.38%
Tidak Bermanfaat5.89%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1285 Kemarin 1153 Bulan Ini 17080 Tahun Ini 195318 Total Pengunjung 637087