Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 25 September 2021 Kios Blangkon Pak Wahyu Layani Wisatawan Hingga Dini Hari
berita

Yogyakarta memiliki warisan adat istiadat yang kental dengan budaya jawa dan masih dipertahankan hingga saat ini. Setiap kegiatan upacara adat wajib menggunakan busana khusus sebagai simbol atau identitas diri. Mengenakan busana adat jawa, tidak lengkap rasanya bila tidak ada blangkon. Blangkon merupakan penutup atau ikat kepala yang digunakan lelaki dalam tradisi busana jawa. Blangkon umumnya terbuat dari kain polos ataupun motif batik yang dilipat, dililit, kemudian dijahit sehingga membentuk seperti sebuah topi.

Di Yogyakarta terdapat banyak sekali pengrajin blangkon, salah satunya Blangkon & Batik Pak Wahyu yang berlokasi di Jl. Gedongkiwo No. 12, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Blangkon & Batik Pak Wahyu buka hari  Senin-Sabtu pukul 08.00 hingga 04.00 WIB. Merintis usahanya sejak tahun 2010, mulanya Pak Wahyu menjadi pengrajin kulit tas, sabuk, dan dompet di Magelang. Namun dikarenakan kurangnya pemasukan, Pak Wahyu beralih profesi menjadi supir pribadi. Keterbatasan pengelihatan membuat Pak Wahyu berhenti menjadi supir kemudian mencoba untuk belajar membuat blangkon pada saudaranya.

Berkat ketekunan Pak Wahyu sebagai pemilik toko kerajinan, saat ini tokonya terikat kerjasama khusus untuk pembuatan blangkon dengan salah satu desainer baju pengantin di Yogyakarta yang menjadi langganan para pejabat. Sebelum pandemi berlangsung, proses produksi blangkon dibantu oleh ketiga karyawannya. Namun selama pandemi, pesanan blangkon menurun karena tidak ada aktivitas kunjungan dari wisatawan.
Blangkon & Batik Pak Wahyu menyediakan beragam blangkon dalam berbagai acara dengan harga yang bervariasi mulai dari 35 ribu hingga 500 ribu. “Harga blangkon tergantung bahan, cara pembuatan, dan corak batiknya ada yang 175 ribu, ada yang 50 ribu, yang full motif 300 ribu, batik tulis 500 ribu.” tutur Pak Wahyu. Selain itu, terdapat blangkon untuk bayi usia 0-15 hari yang cocok digunakan saat mengadakan acara selapan



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.89%
Cukup Bermanfaat11.78%
Kurang Bermanfaat3.38%
Tidak Bermanfaat5.89%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1262 Kemarin 1153 Bulan Ini 17057 Tahun Ini 195295 Total Pengunjung 637066