Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 11 September 2021 Menikmati Sunset Dari Pusat Kota di Rooftop Pasar Prawirotaman
berita

Pasar Prawirotaman Yogyakarta yang berkonsep tradisional-modern telah mulai beroperasi sejak Desember 2020 lalu terutama di lantai 1 hingga 4. Sementara di tahun 2021 fasilitas  di lantai 5 yakni Rooftop Pasar Prawirotaman menyusul di launching untuk dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat kota Yogyakarta. Rooftop Pasar Prawirotaman saat ini menjadi ruang terbuka di lantai teratas gedung dengan pemandangan kota yang indah serta berbagai fasilitas menarik.

Pasar Prawirotaman Yogyakarta yang berkonsep tradisional-modern telah mulai beroperasi sejak Desember 2020 lalu terutama di lantai 1 hingga 4. Sementara di tahun 2021 fasilitas  di lantai 5 yakni Rooftop Pasar Prawirotaman menyusul di launching untuk dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat kota Yogyakarta. Rooftop Pasar Prawirotaman saat ini menjadi ruang terbuka di lantai teratas gedung dengan pemandangan kota yang indah serta berbagai fasilitas menarik.

Pembangunan rooftop ini merupakan strategi peningkatan pendapatan masyarakat pascapandemi covid-19. Ditujukan sebagai ekosistem rumah ekonomi kreatif gandeng gendong di pasar prawirotaman kota yogyakarta, rooftop ini memfasilitasi kebutuhan dari pelaku ekonomi kreatif yang terbagi dalam 5K yakni Kota, kampung, komunitas, kampus dan korporasi. Terdapat beberapa peraturan yang berlaku bagi pelaku ekonomi yang hendak beraktivitas di sana, salah satunya diharuskan mengajukan permohonan terlebih dahulu, sehingga dapat disesuaikan penerapan tarif sewanya.

Rooftop Pasar Prawirotaman utamanya akan dijadikan sebagai area display produk UMKM gandeng gendong Yogyakarta, terdapat 12 anjungan kuliner khusus kuliner dengan sistem sewa per tahun. Sementara fasilitas yang juga disewakan antara lain coworking space, studio digital, ruang seminar, meeting room, dan panggung pertunjukan disewakan dengan aturan berbeda sesuai kebutuhan di waktu yang diinginkan penyewa. Sesuai funginya sebagai ekosistem ekonomi kreatif, fasilitas tersebut tersedia  untuk berbagai kebutuhan meliputi kuliner, fashion, musik, pertunjukan, fotografi dan permainan.

Pelaku kreatif seperti korporasi start-up dan komunitas diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas Rooftop Prawirotaman untuk melakukan pengembangan. Jika ada kendala yang kerap dihadapi seperti permodalan, maka ruang-ruang pembiayaan di Rooftop Pasar Prawirotaman yang disediakan Pemkot bekerja sama dengan bank provider yang fokus dan intens mengembangkan pemberdayaan perekonomian dapat dimanfaatkan. Rooftop Pasar Prawirotaman juga dilengkapi dengan ruang yang mengurusi layanan perizinan. Berbagai perizinan mulai dari pembuatan NPWP, pembuatan HO, bahkan mengurus pembuatan CV rencananya bisa dilakukan di Rooftop Prawirotaman.

Universitas atau kampus yang juga terpilih sebagai salah satu pelaku ekonomi kreatif untuk bisa memanfaatkan Rooftop Pasar Prawirotaman difasilitasi dengan meeting room, seminar room, display room, bahkan panggung pertunjukan sebagai tempat inkubasi program kreatifnya. Panggung pertunjukan cukup representatif didukung dengan sound system memadai. Jika pelaku kreatif ingin membuat lagu untuk jingle produk dan sebagainya pun difasilitasi dengan adanya studio musik sehingga perekaman lagu dapat dilakukan di studio tersebut.

Pasar Prawirotaman ditempatkan di salah satu pusat wisatawan lokal maupun mancanegara agar Rooftop Pasar Prawirotaman dapat menjadi salah satu atraksi wisata melihat Jogja dari gedung tinggi. Mengusung tagline The highest view sunset in Jogja, waktu terbaik mengunjungi rooftop ini adalah di sore hingga malam hari untuk menikmati area kota Jogja yang indah.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.94%
Cukup Bermanfaat11.82%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat5.91%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 41 Kemarin 1141 Bulan Ini 21697 Tahun Ini 173424 Total Pengunjung 615195