Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 05 September 2021 Rumah Mr. Djodi Gondokusumo
berita

Bangunan ini merupakan karya arsitektur Indis yang berfungsi sebagai tempat tinggal pejabat Belanda di kawasan Kotabaru, dibangun sekitar tahun 1917-1925. Pada masa setelah revolusi digunakan sebagai tempat tinggal Mr. Djodi Gondokusumo, Rumah ini beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 46, Yogyakarta, yang merupakan milik Mr. Djodi Gondokusumo dimana pada tahun 1951 – 1952 menjabat sebagai Menteri Urusan Agraria pada masa Kabinet Sukiman – Suwiryo.

Bangunan terdiri dari bangunan induk, paviliun dan bangunan pendukung. Gaya arsitektur Indis tampak pada bagian atap dengan hiasan uilenzolder yaitu bangunan rumah-rumah kecil yang berfungsi sebagai hiasan dan penyejuk ruangan. Di bagian depan terdapat beranda, pintu dan jendela yang tinggi serta paviliun.

Saat ini bangunan digunakan untuk restoran Richeese Factory. Ada penambahan pada bagian tertentu bangunan untuk mendukung setingan restoran Richeese Factory tetapi tidak merubah bangunan aslinya. Hal menarik dari sisi lain Rumah Mr. Djodi Gondokusumo adalah bangunan yang unik dan khas heritage yang mampu dimanfaatkan untuk berfoto wisatawan dalam mengabadikan momen-momen saat jelajah ditengah-tengah keramaian Kota Yogyakarta khususnya daerah Kotabaru dan melihat langsung kondisi arsitektur dalam dan luar ruangan bangunan bekas Rumah Mr. Djodi Gondokusumo.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.94%
Cukup Bermanfaat11.82%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat5.91%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 25 Kemarin 1141 Bulan Ini 21681 Tahun Ini 173408 Total Pengunjung 615179