Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 31 August 2021 Konsisten Sajikan Buah Segar Es PK Bertahan Sejak Tahun 1976
berita

Jogja di siang hari yang terik membuat kuliner berupa minuman dingin dan es sangat digemari. Di tengah bermunculan jenis minuman dingin yang beragam dan menggunakan bahan serta resep modern, di kota istimewa ini penggemar es serut buah yang sederhana masih banyak. Berwisata kuliner di Jogja tentunya kurang lengkap tanpa mencoba es serut buah yang menjadi favorit baik masyarakat lokal maupun wisatawan  yang menyukai sensasi wisata kuliner kaki lima dengan harga murah dan rasa yang lezat.

Sebut saja Es Buah PK di Jalan Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja yang sejak tahun 1976 hingga saat ini masih bertahan dan menjadi legenda karena penikmatnya tidak pernah habis. Nama Es Buah PK sendiri berasal dari nama jalan tempat pertama kali Bapak Haji Hadi Suprapto ini menjajakan dagangannya sejak 45 tahun silam.

"Bapak yang pertama kali jualan es buah, saya putranya meneruskan sampai sekarang. Dulu sejak masih seharga Rp 700 per porsi waktu bapak pertama kali buka dan selalu laris. Biasanya kami bisa menjual 50-100 mangkok per hari dengan harga saat ini Rp 9000, dan untuk selingan agar pembeli bisa menikmati hidangan lain, kami juga hadirkan bakso." tutur Pak Seno salah satu penjual di warung Es Buah PK.

Meski lokasi berjualan Es Buah PK dapat dibilang kurang nyaman karena hanya di trotoar pinggir jalan yang ramai dengan lalu lalang kendaraan, namun pelanggan dari berbagai umur tetap setia datang terutama di jam makan siang. Es Buah PK khususnya digemari karena keorisinilan komposisi es dan segar buah berupa sawo, nanas, nangka atau terkadang diganti alpukat dan blewah. Buah-buah segar tersebut ditutupi dengan serutan es batu yang menumpuk dan diberi topping kental manis coklat dan cincau hitam dipotong kecil untuk mempercantik tampilan. 

Keunikan lain yang dapat ditemukan pada warung Es Buah PK tentunya penjualnya yang memakai seragam saat berjualan. Kekompakan yang dijalankan selama bertahun-tahun ini mendapat apresiasi dari pembeli dan menjadi daya tarik wisata kuliner tersendiri pada Es Buah PK selain karena masih dapat bertahan hingga saat ini. Untuk menikmati Es Buah PK ini sebenarnya pengunjung tidak perlu sampai mengantri, karena es buah PK tidak hanya terdapat di Jalur Pakuningratan, namun juga membuka cabang di Jalan Kyai Mojo dan Jalan Godean Yogyakarta dengan nama yang sama. Catat jadwal buka Es Buah PK yakni dari pukul 10.00 - 18.00 WIB jika tidak ingin ketinggal dan kehabisan Es Buah PK.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.94%
Cukup Bermanfaat11.82%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat5.91%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 34 Kemarin 1141 Bulan Ini 21690 Tahun Ini 173417 Total Pengunjung 615188