Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 July 2021 Lumpia Samijaya Primadona Camilan Malioboro
berita

Jalan Malioboro menjadi pusat kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta. Segala hal yang ada di Jalan Malioboro digemari karena merupakan ciri khas Kota Yogyakarta termasuk kuliner dengan citarasa dan penyajian yang unik. 

Salah satunya yang menjadi primadona baik bagi masyarakat Kota Yogyakarta maupun wisatawan adalah Lumpia Samijaya. Dinamai demikian karena gerobak jualan lumpia ini pertama kali menempati lokasi di depan toko Samijaya dan hingga saat ini tidak berpindah walaupun toko tersebut sudah tidak dibuka.

Lumpia Samijaya sudah berdiri sejak generasi pertama penjualnya pada tahun 1970 silam, dan saat ini diteruskan generasi kedua. Lumpia Samijaya berbeda dari lumpia yang dijual kebanyakan karena penyajiannya ditambah saus bawang putih dicampur bengkoang sebagai taburan. 

Varian rasa yang ditawarkan yakni isian ayam dan isian spesial yang ditambah telur puyuh didalamnya. Harga yang ditawarkan untuk satu potong lumpia padat berisi tersebut memang cukup mahal dibandingkan mulai dari Rp 5.000 untuk isian ayam dan sayur, serta Rp 6.000 untuk isian spesial sayur, ayam dan telur puyuh. Lumpia Samijaya terkenal disajikan hangat dan segar karena baru diolah dan digoreng jika ada pembeli yang datang.

Meskipun Lumpia bukan makanan khas Kota Yogyakarta melainkan dari Semarang, namun Lumpia Samijaya dapat mengobati rasa kangen terhadap rasa lumpia yang otentik karena kelezatan isian lumpianya dan taburan saus bawang putih mirip dengan lumpia Semarang. Sejak dibuka pagi pukul 10.00 hingga pukul 18.00 Lumpia Samijaya yang digemari masyarakat dan wisatawan yang berkunjung selalu habis terjual. 

Pembeli dapat menikmati lumpia di tempat dengan sajian piring  dan alas kertas minyak lengkap dengan cabai rawit. Namun bila ingin membawa pulang dalam jumlah banyak maka Lumpia Samijaya akan dikemas dengan unik menggunakan besek atau wadah dari bambu anyaman yang unik. Selain buka di pedestrian Jalan Malioboro depan Hotel Mutiara, Lumpia Samijaya juga membuka cabang di Jl. Mataram No. 44, Suryatmajan, Danurejan, Jogja.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.99%
Cukup Bermanfaat11.88%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat5.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 424 Kemarin 556 Bulan Ini 14052 Tahun Ini 124637 Total Pengunjung 566408