Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 23 June 2021 Pentas Kawasan #2 Suara Cahaya Perkenalkan Sisi Estetik Kotagede
berita

Pentas Kawasan merupakan atraksi seni budaya yang hadir tidak sekedar sebagai hiburan masyarakat. Namun juga sebagai ajang menggali potensi seni budaya serta destinasi wisata yang ada di setiap kematren di wilayah Kota Yogyakarta. Pentas Kawasan #2 Suara Cahaya menampilkan potensi seni, budaya, kerajinan dan bangunan heritage yang ada di Kemantren Kotagede Yogyakarta. Tema “Suara Cahaya” memiliki arti setiap gerak kehidupan di wilayah Kemantren Kotagede memiliki makna.

“Setiap kemantren di Kota Yogyakarta memiliki seni dan keragaman budayanya masing-masing, termasuk destinasi dan industri pariwisatanya. Kemantren Kotagede yang berada di bagian tenggara Kota Yogyakarta memiliki ciri khas eksotisme bangunan bersejarah serta keberadaan rumah-rumah tradisional yang hingga kini keasriannya masih dipertahankan, dijaga dan dilestarikan.” ungkap Wahyu Hendratmoko, S.E.,M.M. Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam sambutannya.

Ditayangkan secara virtual melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Pentas Kawasan #2 Suara Cahaya hadir dengan konsep short movie. Narasi-narasi berbahasa jawa yang diperankan oleh aktor kawakan Kota Yogyakarta Susilo Nugroho (Den Baguse Ngarso) dan talenta muda berbakat Blasia Tyas Unadika dipadukan dengan musik elektronik lewat penampilan DJ Ari WVLV dan tarian tradisional Dara Squad. Diiringi dengan musik gamelan dari Gamelantic dan tari klasik dari Sanggar Sekar Beksa, Pentas Kawasan #2 Suara Cahaya mengambil latar belakang lokasi Kemantren Kotagede Yogyakarta yang kaya akan potensi seni, budaya dan bangunan bersejarah.

“Kemantren Kotagede juga kaya akan pengrajin perak, kuningan, serta pengrajin tanduk kerbau yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu juga sebagai industri di sektor pariwisata yang mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta senantiasa mendorong eksistensi industri pariwisata di setiap kemantren. Salah satunya lewat acara Pentas Kawasan yang digelar secara virtual dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua.” tutup Wahyu Hendratmoko.

Pentas Kawasan #2 Suara Cahaya dapat disaksikan secara virtual disini.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.99%
Cukup Bermanfaat11.88%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat5.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 433 Kemarin 556 Bulan Ini 14061 Tahun Ini 124646 Total Pengunjung 566417