Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 21 June 2021 Pelatihan Digitalisasi Branding untuk Kampung Wisata Yogyakarta
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melaksanakan Pelatihan Digitalisasi Branding Pemasaran dan Penjualan. Kegiatan ini dijadwalkan selama 4 hari dimulai sejak Senin, 21 Juni hingga Kamis 24 Juni 2021 di Hotel Cavinton Yogyakarta. Diikuti oleh pengelola dan pengurus kampung wisata dari Kemantren Wirobrajan, Gondomanan dan Pakualaman, kegiatan ini memberikan materi pelatihan terkait teknologi informasi untuk pemasaran dan penjualan destinasi dan daya tarik wisata. 

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola destinasi dan daya tarik wisata. Agar pengelola dapat memanfaatkan tekologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata”, terang Dra. Tyasning Handayani Shanti, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Pelatihan akan diselenggarakan 3 hari di Hotel Cavinton Yogyakarta dan 1 hari kunjungan lapangan ke Rumah Hobbit Mangunan dan Desa Wisata Nglanggeran untuk studi banding. Metode pelatihan berupa 50% materi, 20% diskusi/kerja kelompok, dan 30% praktik/latihan.

Peserta pelatihan memiliki ketentuan yakni pengelola yang berhubungan langsung dengan kegiatan kampung wisata, pondok wisata, kuliner dan souvenir di tempat wisata wilayah Kota Yogyakarta. Selain itu harus memiliki telepon seluler dengan fitur kamera dan dapat terkoneksi internet, lalu memiliki pengetahuan dasar tentang penggunaan gawai serta bersedia mengikuti pelatihan selama 4 hari penuh.

“Harapan atas terselenggaranya kegiatan ini adalah pengelola kampung wisata, pondok wisata, kuliner dan souvenir di tempat wisata wilayah Kota Yogyakarta semakin bertambah wawasan teknologinya. Sehingga kampung wisata dapat memanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan produk wisatanya di tengah suasana pandemi ini, karena pemasaran dan penjualan secara digital saat ini adalah yang paling efektif.” ungkap Dra. Tyasning Handayani Shanti, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta ini menghadirkan narasumber dari JTTC (Jogja Tourism Training Centre). Materi yang diberikan antara lain Pemasaran Digital dalam Pariwisata, Positioning dan branding Kampung Wisata, Pengembangan Storytelling dalam Pemasaran, Membuat brosur dan e-flyer, Promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, twitter, youtube dan website serta Fotografi untuk Promosi wisata.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat67.99%
Cukup Bermanfaat11.88%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat5.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 458 Kemarin 556 Bulan Ini 14086 Tahun Ini 124671 Total Pengunjung 566442