Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 17 May 2021 Wedang Ronde, Kuliner Malam yang Tidak Lekang oleh Waktu
berita

Wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta akan direkomendasikan untuk mencoba salah satunya kuliner unik bernama Wedang Ronde. Meskipun disebut wedang atau dalam bahasa Indonesia berarti minuman yang hangat, namun Wedang Ronde tidak hanya bisa diminum tetapi juga dimakan. Hal ini karena Wedang Ronde yang merupakan seduhan jahe hangat ini di dalamnya berisikan roti tawar, kolang-kaling, kacang tanah yang digoreng, serta ronde yang menjadi nama wedang ini.

Ronde merupakan makanan berbentuk bulat berwarna putih karena terbuat dari tepung ketan. Jenis Ronde yang dibuat oleh pedagang khususnya di Kota Yogyakarta, berisi pasta kacang dicampur dengan gula aren. Rasa Ronde sebenarnya tawar, namun karena adanya pasta kacang yang manis dan ditaruh di tengah adonan Ronde maka membuatnya lebih mempunyai citarasa. Penjual Wedang Ronde di Kota Yogyakarta biasanya dapat ditemukan di sore sampai malam hari, berkeliling kampung menggunakan gerobak diterangi dengan  lampu senthir.

Meskipun asal kuliner ini dari Tiongkok, namun masyarakat Kota Yogyakarta khususnya telah mengkonsumsi Wedang Ronde sejak lama. Penikmat Wedang Ronde masih ada hingga saat ini di Kota Yogyakarta, sehingga penjual Wedang Ronde baik dengan gerobak keliling maupun yang membuka lapak pun masih banyak. Wisatawan yang ingin mencoba Wedang Ronde khususnya dapat menemukan penjualnya di Alun-Alun Kidul Kota Yogyakarta. Satu porsi Wedang Ronde yang mengenyangkan rata-rata dijual Rp 6.500 - Rp 7.000 yang akan disajikan dalam mangkok keramik.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.09%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.34%
Tidak Bermanfaat5.95%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 564 Kemarin 727 Bulan Ini 15360 Tahun Ini 105604 Total Pengunjung 547375