Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 09 May 2021 Wajah Baru Tugu Jogja Semakin Ngangeni
berita

Mengunjungi Kota Yogyakarta dari tahun ke tahun pasti akan menemukan perbedaan wajah kota di setiap kesempatan kunjungan. Hal tersebut dikarenakan rutinnya pemerintah Kota Yogyakarta membenahi setiap sudut kota agar terlihat lebih indah dipandang. Salah satunya yang bila diperhatikan mengalami perubahan dari tahun ke tahun adalah Tugu Jogja. Tugu Jogja tidak hanya menarik perhatian wisatawan karena sebagai penanda bahwa pernah mengunjungi Kota Yogyakarta, tetapi juga menarik bagi warga asli Yogyakarta karena nilai sejarah dari landmark kebanggaan Kota Yogyakarta tersebut.

Saat ini Tugu Jogja telah selesai direnovasi dan ditambahkan beberapa ruang serta ornamen yang mempercantik tampilan Tugu Jogja dan area di sekitarnya. Renovasi Tugu Jogja diantaranya menambahkan bola-bola batu yang dipasang melingkar sebagai pagar, pemasangan batu andesit dengan pola melingkar di area jalan di sekitar Tugu Jogja yang juga dilakukan di titik 0 km karena keduanya berada di satu sumbu filosofis yakni garis imajiner Gunung Merapi, Tugu Jogja, Keraton Yogyakarta, Panggung Krapyak dan Laut Selatan. Di sisi tenggara dari Tugu Jogja dipercantik dengan Monumen Tugu Golong Gilig, di area tersebut dipasang miniatur Tugu Jogja dan tulisan mengenai sejarahnya.

Selain renovasi bangunan, dilakukan juga penanaman kabel yang tadinya melintang di atas Tugu Jogja. Penanaman kabel ke bawah tanah saat ini telah selesai dan Tugu Jogja terlihat semakin rapi dan bersih juga lebih luas. Bangunan di area Tugu Jogja memiliki arsitektur unik sehingga selaras dengan bangunan Tugu Jogja untuk dinikmati wisatawan saat berkunjung. Suasana sore menjelang malam juga semakin indah dengan hidupnya lampu-lampu jalan yang berornamen unik khas keraton Yogyakarta. Tampilan Tugu Jogja di malam hari pun semakin cantik dengan sorotan lampu dari arah bawah, sehingga mempertegas bentuk dan ornamen di tubuh Tugu Jogja yang berdiri gagah.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.09%
Cukup Bermanfaat11.89%
Kurang Bermanfaat3.34%
Tidak Bermanfaat5.95%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 567 Kemarin 727 Bulan Ini 15363 Tahun Ini 105607 Total Pengunjung 547378